Pemberhentian Selanjutnya: Pendopo Keraton Sumenep ♣

Setelah makan siang, perjalanan kami lanjutkan ke Pendopo Keraton Sumenep. Orang setempat menyebutnya dengan: Pandepa Karaton Songenep. Artinya ya sama, Pendopo Istana Kerajaan Sumenep. (^_^)

Keraton Sumenep ini ditempati oleh raja-raja Sumenep jaman dahulu. Bangunannya gak terlalu mewah kok, secara Keraton Sumenep juga bukan keraton yang besar kayak Yogyakarta.

Taman Depan


Sebenarnya bagian keraton yang dibuka untuk umum cuma bagian pendoponya saja. Soalnya, bangunan inti keraton sampai sekarang masih ditempati oleh Bupati Sumenep. Tapi kemarin kami beruntung, Bupatinya sedang ke Jakarta, dan pemandu kami menyelinapkan kami supaya bisa melihat bagian dalam keraton, walaupun kami harus mengendap-endap takut ketahuan Satpol PP yang jaga (*hehe*)

Karena keberuntungan itu, aku bisa ngambil gambar Kamar Tidur Puteri Keraton (^_~)
Kamar Tidur Puteri

Gak hanya di lantai satu, pemandu kami yang gokil itu menyelundupkan kami ke lantai dua juga. Padahal gak ada satu pun turis baik domestik maupun mancanegara yang boleh naik ke lantai dua. Di sana ada banyak benda pusaka yang rentan rusak, katanya. Lantai dua tuh hanya dibuka kalau ada kunjungn resmi, misalnya tournya peserta Kacong-Cebing Sumenep (Semacam abang-none, kalau di Jakarta).

Tapi kami bisa naik, loh (*hehe*)
Dan hasilnya? yah, fotoku di atas Singgasana Raja jaman dulu.. duh manisnya Sang Permaisuri.. (*haha*)
singgasana raja

Eits, Abangku gak mau kalah, dia juga minta difoto ala Raja Sumenep jaman dulu.. (^0^)
singgasana raja 2

Setelah puas muter-muter di lantai atas, masih dengan mengendap-endap (^0^) kami diajak ke museum. Tapi setelah sampai di Museum, kami gak ngendap-ngendap lagi kok.. (*haha*)

Di sana kami ngeliat Al-Quran gede banget. Beratnya aja 500kg, setengah ton. Al-Quran ini tulisan tangan rupanya. Keren…

Al-Quran besar

Juga ada Kereta Kencana hadiah dari Kerajaan Inggris. Kereta ini tetap diarak keliling Kota Sumenep saat ulang tahun Kota Sumenep.
Tuh, Sang Mahaputeri bersiap masuk Kereta Kencananya (*hehe*)
Kereta Kencana

Sebenarnya acara kami di Keraton Sumenep ini belum selesai. Tapi aku baru akan nulis sampai sini dulu. Besok, aku bakal lanjutin cerita jalan-jalan di Keraton Sumenep ini, ya. Jadi, ditunggu aja, ya!. (^_^)

Sampai jumpa besok… ♥♥♥

About these ads

4 Balasan ke Pemberhentian Selanjutnya: Pendopo Keraton Sumenep ♣

  1. Trie mengatakan:

    Liputannya bagus, mba punya foto atw gambarnya kacong cebing sumenep ndak? sy pgen th sperti apa yaa..?? (model baju,riasan,aksesorisnya,de el el) trims…

    Yeptirani:
    Makasih, Trie…
    Sayang banget aku gak punya foto kacong cebing (T_T)
    Tapi kalau ada kesempatan, aku pengen banget punya filenya :)
    Maaf ya…

  2. soilia riyanti mengatakan:

    keraton sumenep ini apa ada hubungannya dengan aden cakraningrat

    Yeptirani:
    Aden Cakraningrat itu siapa? kayaknya pernah dengar…

  3. nidiradikara mengatakan:

    whoaa… Seru banget…
    Kalo aku kesana boleh masuk gak ya???

    Yeptirani:
    Keratos Sumenep? terbuka untuk umum, kok ^_^

  4. [...] Yang cerita tuh pemandu gokil yang kemarin dah aku ceritain di“Pemberhentian Selanjutnya: Pendopo Keraton Sumenep ♣”. [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.783 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: