Bagaimana Asal Mula Nama “JEPANG”?

↑Negara Jepang dalam Peta Asia↑
Negara Jepang dalam Peta Asia

Jepang adalah sebuah negara yang terletak di sebelah timur benua Asia. Penduduknya homogen, yaitu suku Ainu. Jepang terkenal sebagai negara maju karena teknologi namun masih mempertahankan kebudayaan lokal. Penduduk asli Jepang menyebut negara mereka dengan 日本 (Nippong/Nihong) yang artinya “tempat matahari berasal/negeri matahari terbit”).

Hmm, lalu bagaimana bisa disebut JEPANG?


Ini berhubungan dengan Restorasi Meiji. Seperti kita tahu, sebelum Meiji berkuasa (1868-1912), Jepang adalah sebuah negara yang tertutup dari dunia luar karena pemimpinnya, Shogun Tokugawa, tidak suka akan pengaruh dunia luar terhadap kebuadayaan Jepang. Karena itu, negara-negara luar mengenal Jepang dari negara tetangganya, yaitu China.

Dalam bahasa Mandarin, bahasa nasional di China, huruf 日本 dibaca dengan “Ri Ben” (/:ze pen/). Sudah bisa melihat benang merahnya? Ya, dan Marco Polo menulis ejaan itu dengan kata “Cipangu.”

Dalam bahasa Melayu Kuno, negara ini memang disebut dengan “Jepang” mengadopsi dari bahasa Mandarin. Nama Jepang dalam bahasa Melayu kuno inilah yang dibawa ke Eropa oleh pedagang Portugis dan berkembang ejaan dan pelafalannya menjadi Japon (bahasa Perancis), Japan (bahasa Inggris), Giaponne (bahasa Italia), Japão (bahasa Portugis), dan lain-lain.

Nama resmi negara ini sampai akhir perang dunia II adalah 大日本帝國 (Dai Nippon Teikoku/Kerajaan Agung Jepang). Namun, kini nama resmi negara ini adalah 日本国 (Nippon Koku/Negara Jepang).

Sumber: Beberapa sumber

25 Balasan ke Bagaimana Asal Mula Nama “JEPANG”?

  1. har mengatakan:

    Posting menarik. Ternyata, nama resminya sebenarnya “Nippon Koku”. Padahal selama ini yang populer dalam event2 internasional adalah “Japan”.
    Salam kenal.

    Yeptirani:
    Salam kenal juga… (^_^)
    yup.. Nippon Koku… (bacanya: Nipongkoku)

    Salah sendiri lambat membuka diri, akhirnya dikenal lewat negara tetangga, deh *hehehe..*

  2. NICKY mengatakan:

    hah………….q pngen bgt k jepang……yglbih di kenal negara matahari terbit…….dan pngen lihat bunga sakura….dan pergi k obyek wisata yg menarik di sana,,,,,,,,

    Yeptirani:
    Hi, Nicky..
    Aku juga pengen banget ke Jepang… apalagi menyaksikan Bungan Sakura gugur :)
    Kapan ya kira-kira bisa ke sana? (^_^)

  3. andrey mengatakan:

    apiiik.tenan….
    tapi kalo boleh kasih cerita juga dong asal usul shogun dan kaum ninja samurai di jepang….

    Yeptirani:
    Hm,,, penyuka shogun n ninja ya? (^_^)
    Nanti, kalau saya sudah menamatkan TAIKO, saya akan ceritakan bagaimana keshogunan Jepang,,,

    Kalau asal usulnya,,, saya kumpulkan referensinya dulu ya,,, kalau Kamu ada referensi yang sekiranya bisa membantu saya, kirimin aja ke email saya (^_~)

  4. [...] PDRTJS_settings_146903_post_5438 = { "id" : "146903", "unique_id" : "wp-post-5438", "title" : "Asal+mula+Nama+%22JEPANG%22+dan+%22CHINA%22", "item_id" : "_post_5438", "permalink" : "http%3A%2F%2Fkomiocy.wordpress.com%2F2010%2F02%2F07%2Fasal-mula-nama-jepang-dan-china%2F" } sumber Clubbing Kapanlagi.com Asal mula Nama “JEPANG” dan “CHINA” Bagaimana Asal Mula Nama “JEPANG”? [...]

    Yeptirani:
    Kok postinganku di copas yak? aku cek tadi gak ada source-nya padahal aku bikin sendiri postingan ini… bisa dijelasin gak? (*bingung*)

  5. Rudy Andyka mengatakan:

    Thanx yua wat informasi’a.
    Saya sangat menyukai negara jepang.
    Saya ingin indonesia maju seperti negara jepang dlm bidang apapun.

    Yeptirani:
    semoga doanya terkabul yak.. makasih udah mampir :p

  6. mia_MIDORI mengatakan:

    waaahhh!!! SUGOI…menarik postingannya….

    aku lagi nyari tugas tentang asal mula jepang,,aku malah dapet ini hehehehe….

    tapi ake lagi nyari yang dilihat dari cerita rakyatnya.. denger2 jepang itu awalnya dari dewi.. namanya DEWI AMATERASU kan…. aku mw nyari lengkap na ..hehehehehe

    maklum lah, aku salah satu mahasiswi sasatra jepang ^^ lam kenal……

    Yeptirani:
    Salam kenal juga Mia… ^_^
    aku cuma tertarik aja sama orang2 dari rumpun tetanggaku ini :p

    apalagi tulisannya (Kanji/Hanzhi/Hanza) keren aja… make otak kanan soalnya.. :p

    Sukses sama kuliah kamu ya…

  7. perantausjati mengatakan:

    makasih mbak aq jadi baru tau asal mulanya…

  8. kaka mengatakan:

    kpn ya??? q bs k negara sakura ini????

  9. WAH HEBAT . aku juga ingin pergi ke jepang .

  10. 19-01-95'' mengatakan:

    iya kapan ya kita bisa ke negara jepan??

  11. Yeptirani mengatakan:

    yuk.. kita sama-sama jalan-jalan ke jepang.. :p

  12. Sudemi mengatakan:

    Sayonara
    Aku adalah white

  13. hamsteronline mengatakan:

    terimakasih atas informasinya …sangat membantu saya sekali…
    silahkan berkunjung di blog saya http://roborovskiwhiteface.blogspot.com/
    Salam kenal ya….

  14. lidya sakura mengatakan:

    aku ingin sekali ke jepang.
    aku suka jepang!!!
    semua tentang jepang.

  15. hirdha juniors mengatakan:

    jepang……………………..i’am coming

  16. [...] Asal mula Nama “JEPANG” dan “CHINA” Bagaimana Asal Mula Nama “JEPANG”? [...]

  17. oww jdi gitu yahc lumayan buat nambah pgetahuan tentang jepang ^^

  18. Asal muasal kata Jepang itu dari Je-pun, dialek Hokkian Cina. Bukan Mandarin. Makanya ada istilah Cengek Je-pun, maksudnya cabe kecil seperti orang Jepang yang dahulu terkenal kerdil. Pada jaman kuno, nama yang lazim untuk negara/bangsa Jepang adalah Wa Kuo, Wa=kerdil/pendek, Kuo=Kerajaan.

  19. kenichi matsuyama mengatakan:

    arigato gozaimasu tomodachi-san.

  20. Dani mengatakan:

    Hello, always i used to check weblog posts here early in
    the morning, as i like to find out more and more.

  21. Whong jowo mengatakan:

    Jepang emang the best soal tekno n budayanya,,,
    Aku pensaran apakah kenshin himura (batousai si pembantai) itu cerita nyata apa cuma legenda jepang ya?
    Please klo ada yg tau,,,

  22. travel mengatakan:

    Sure, okey, we give notice species and develop their spotting ability.
    Wine totes are meant to be a relaxing activity and end up being sort of an aficionado.

    Some villa owners are also a great idea as wine
    is a fact that grapefruits grown in different regions
    taste different.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

