Peralatan Tempur ASIX untuk Zee ^_^

Apa artinya berjuang tanpa peralatan tempur? Bisa-bisa kalah duluan, loh! Hahaha…

Karena itu, aku mempersenjatai diriku dengan semua peralatan tempur agar perjuangan memberikan ASI eksklusif buat Baby Zee tercapai dengan baik.

bawaan tiap hari ke kantor
bawaan tiap hari ke kantor

Ini dia peralatan tempurku:


1. Pompa ASI
Aku adalah ibu bekerja. Waktu sadarku di rumah (saat hari kerja) hanya sekitar 3-4 jam sehari. Kalau hanya mengandalkan penyusuan langsung saja, sudah pasti Zee gak lulus ASIX! Dan kalau aku mengandalkan memerah memakai tangan saja, akan banyak membuang waktu berhargaku di rumah. Karena itu aku berterima kasih pada produsen pompa ASI! ^_^

Ini dia pompa ASI favoritku
Pigeon Premium Manual Breast Pump
Pigeon Premium Manual Breast Pump

Satu frasa: TOP BANGET! Pompa ini membuatku mengalami LDR berkali-kali. Well, buat ibu menyusui, LDR ini mungkin seperti orgasme kali ya? hahaha… gitu banget sih! Tapi yang jelas, makin sering menglami LDR, makin banyak ASI yang dihasilkan!

Kok ada dua? Yup! Aku gak mau menyia-nyiakan LDR begitu saja, makanya untuk memanfaatkannya, aku menggunakan 2 pompa ASI.

Selang beberapa lama, kebutuhan ASIP Zee meningkat 100%. Aku pun harus memompa di malam hari. Karena itu, kebetulan ada rejeki lebih, aku berkesempatan mencoba pompa ASI cadangan, yaitu Medela Harmony Manual Breast Pump

Medela Harmony Manual Breast Pump

Testimoniku? Masih kalah lah sama Pigeon, padahal harganya lebih mahal, loh! Tapi boleh lah untuk jadi pompa ASI cadangan.

2. ASI Storage (Botol penyimpan ASI)

ASI Storage

BPA-free! Terbuat dari bahan polopropilen (kode angka 5). Aku belinya di supermarket terdekat kok, karena merknya Baby Huki dan Little Baby. semuanya buatan Indonesia :p

- Huki ada yang BPA-free loh! jangan salah pilih!-

Botol-botol plastik itu aku pakai untuk membawa ASIP Zee ke sekolahnya. Sedang untuk penyimpanan di frizer, aku memakai botol kaca bekas You C 1000.

ASI Storage botol kaca
Dan aku pakai kulkas kantor buat nyimpen semua ASIP ini :p

Pertimbangannya karena listrik di kantor lebih stabil dan karena frizer kulkas kantor selalu kosong, hanya diisi ikan hasil belanjaan ibu-ibu karyawan, tiap hari Jumat. Daripada nganggur, kan mendingan ku isi ASIP :) hehehe…

3. Hot n Cooler Bag
hot n cooler bag

Ini hot n cooler bag favoritku. Lucky Baby Mini Holdall. Lucu motifnya dan bisa diselempangin. Jadi nyaman dibawa naik motor.

Dalamnya kuisi ice gel beku agar susunya tetap dalam suhu kulkas sampai akan dipanaskan untuk diberikan ke Zee.

4. Magmag Lokal Pigeon

Magmag Lokal Pigeon

Aku gak mau Zee ngedot kayak kakak-kakak kelasnya. Mengerikan! Makanya aku berjuang dan berusaha supaya Zee gak ngedot. Langkah pertama adalah sedini mungin mengenalkan cangkir. Masih pakai dot, memang.. Tapi nantinya, setelah Zee siap, cangkir ini akan bercorot (spout) bukan berdot. Paling tidak akan lebih cepat beradaptasi kan? Secara dia sudah familiar sama cangkirnya.

5. Sikat dan Spon

Sikat dan Spon Botol
Banyak yah? ^_^

Nah, dalam siklus menyusui ada 3 tahapan. 1) Tahap pengeluaran ASI (Let-down step); 2) Tahap penyimpanan ASI (storage step); 3) Tahap pemberian ASI pada bayi (feeding step). Tapi ada yang para ahli lupakan, well, mungkin diingat tapi gak worth it untuk dimasukkan kali ya? :p

Yaitu tahap pembersihan.

Para sikat dan spon ini sangat membantu dalam tahap pembersihan. Botol-botol dan pompa ASI yang sudah dipakai harus dicuci dan disteril sehari sekali. Pompa ASI yang aku pakai selama di kantor sih cuma aku kocok air panas saja. Secara ASI kan punya “tameng” sendiri terhadap bakteri sehinggamembersihkan botol atau pompa bekas ASI gak perlu seheboh membersihkan botol bekas susu formula.

Peraturannya:

Sikat untuk botol kaca; Spon untuk botol plastik! Jangan dilanggar!

Aku urut dari paling kiri, ya..

  • - Sikat botol: sikat ini jarang aku pakai karena Zee gak punya botol minum dari kaca (Piring aja gak ada yang dari kaca, apalagi botol susu! :p). Tapi karena dijualnya sepaket sama spon, ya terpaksa punya. Hehehe…
  • - Spon botol: spon yang sangat berguna karena semua botol Zee dibuat dari plastik bahan polipropilen (angka 5, BPA-free). Oh ya, kalau ada botol dari polikarbonat (botol susu pigeon, huki, cussons, yang agak mirip kaca bahannya), cucinya juga pakai spon loh!
  • - Sikat botol kecil: sikat ini untuk nyuci botol bekas you c 1000. Mulut botolnya kecil, jadi gak sembarang sikat bisa masuk! Tadinya sikat model kayak gini gak dilirik loh, harganya murah, cuma 13.000 di Ramayana Pangkalpinang, di Jakarta lebih murah lagi. Tapi sejak menjamurnya pemakaian botol bekas you c 1000 sebagai ASI storage, botol model gini banyak dijual. Produsennya pun sudah mulai terkenal seperti akachan. Harganya juga sudah 35.000 rupiah. Hehehe…
  • - Spon: ini spon biasa yang buat cuci piring. cuma memang gak pakai acara dengan sabut. Fungsinya untuk mencuci semuanya! Mulai dari spare part pompa ASI yang kecil-kecil, tutup botol ulir, cakram botol, sampai kadang kalau aku males, aku nyuci botolnya juga pakai spon ini :p Benar-benar multifungsi.
  • - Spon dot (nipple sponge): keluaran pigeon, khusus buat nyuci bagian dalam dot. Tapi aku juga pakai ini untuk membersihkan bagian dalam katup susu (milk valve) di pompa ASI. Nantinya juga spon ini akan berguna buat membersihkan bagian dalam corot (spout) loh.
  • - 2 sikat dot: yang gagangnya putih itu temannya sikat dan spon botol, yang gagannya kuning temannya sikat botol you c 1000. Jarang dipakai, palingan buat membersihkan sela-sela corong pompa ASi. Tapi berguna dan membantu, kok.
  • - Sikat botol sendok: Aku dapat sikat ini dari dalam botol sendok pigeon. Sikatnya kecil, tipis, dan lembut sekali. Aku pakai sikat ini untuk membersihkan sela-sela corong pompa yang tidak bisa dijangkau sikat-sikat lain, terus juga membersihkan sela-sela regulator anti sedak (sekarang sudah gak pakai regulator lagi), juga nantinya akan dipakai untuk mencuci sendok botol.
  • - Tang stainless: Yang ini berguna buat mengambil botol-botol dan spare part lain dari dalam mesin steril. Kan habis disteril,  botol-botol itu jadi fresh from the oven gitu. Kalau gak pakai tang, gimana ya? ^_^
  • - Baskom-baskom: yang kuning, paling atas, itu BPA-free. Baskom-baskom ini aku pakai untuk menuci botol-botol. Yang kuning sudah BPA-free khusus aku pakai untuk menampung botol-botol panas yang baru keluar dari ovennya.

Sebenarnya masih ada 1 sikat lagi yang ketinggalan belum difoto, yaitu sikat sedotan (straw brush). Wajar kalau belum dipakai, Zee kan belum pakai sedotan.

Episode sikat dan spon, selesai! :p

6. Sabun cuci
Sleek

Kenapa yang ini? Kok gak yang lain? Alasannya simpel, tutupnya ungu! :p

7. Alat steril
IQ Baby Sterilizer Panci Kukusan

Ada dua? Iya! Yang kiri versi kalau PLN Baik Hati, yang kanan versi kalau PLN Ngambek!

IQ Baby Sterilizer yang aku pakai ini makan listrik 400watt. Cuma enaknya, habis aku cuci botolnya, susun di dalam mesin, nyalakan, trus aku tidur deh! Gak usah ditungguin tar dia mati sendiri. Nah, kalau panci kukusan kan harus ditungguin.

Kok kukusan? bukan panci biasa buat ngerebus?
Iya, aku dapet ilmu dari bosku yang udah punya 4 buntut :p Testimoni beliau, kalau steril pakai kukusan, akan bikin botol lebih awet ketimbang direbus. Masuk akal sih, secara sistem mesin steril kan juga dikukus bukan direbus. Cuma… kalau direbus kan cepet ya… 5 menit, selesai. Kalau dikukus, 15-20 menit, sama dengan pakai mesin, segitu juga waktu yang diperlukan.

8. Bottle Dryer
rak botol kawaii rak botol akachan

Setelah disteril, botolnya biasa aku taruh di sini dulu sampai kering atau sampai kloter berikutnya. :p

Oya.. ada 1 item lagi dalam peralatan tempur ASIX aku, yaitu:

9. Warmer
baby crown

sebelum disajikan untuk Zee, ASIP dingin harus dihangatkan dulu, baru deh disajikan.

Begitulah peralatan tempur ASIX ku. Dan, karena sebentar lagi Zee akan mulai masa MPASI, tunggu saja episode Peralatan tempur MPASI Rumahan ala Bunda Zee :p

Ayo semangat memberikan ASI eksklusif pada anak kita selama 6 bulan pertama hidupnya! ^_^

43 Balasan ke Peralatan Tempur ASIX untuk Zee ^_^

  1. Fitri mengatakan:

    Askum, wah bener-bener lengkap semua mba….
    saya coba ikutin, cuma untuk tutup botol You c 1000 yang mba pakai saya belum nemu. Trus klo coba pakai tutup bawaanya asipnya jadi ga beku walau ditaro difrezer.

    Yeptirani:
    Mbak bisa order tutupnya aja kok di online shop, sekitar 500 rupiah/set… atau kalau mau gratisan, jangan buang tutup pulpy orange, pulpy tropical, pulpy o’mango, joy greentea, sosro less sugar, coca cola, fanta, dll…

    tutupnya bisa dipake buat ngegantiin tutup seng bawaan UC 1000

    FYI, kita emang disarankan gak pake tutup seng bawaan UC-nya coz rentan berkarat.. ^_^

    sukses ASIX-nya ya.. :p

  2. Natalia Ina mengatakan:

    terima kasih..saya sdg bingung cari botol murah tp bersih…jadi dpt ide mau pake uc 1000 aja dan tutup pake tutup berbahan plastik.

    Yeptirani:
    Pake plastik gula kiloan juga gapapa kok mbak.. pake plastik es mambo juga boleh, asal yakin gak akan bocor.. tar kalo dari frizer, taruh dulu di kulkas bawah semalaman sampe cair, trus pindahin ke botol baca or botol plastik PP, trus dipanaskan.. ^_^

    sukses ASIX-nya ya…

  3. mia mengatakan:

    Hai mba.. Sy new mom nih yg kebetulan bekerja jg & ingin meberikan asix.. Boleh tau bottle dryer & paketan sikat spon pembersih asi itu beli dmn y? Thx

    Yeptirani:
    Semua aku beli di baby shop n mall deket rumah kok mbak :)

  4. herdiana mengatakan:

    asslmkm..mb, waah telat sy bc tulisny mb,,sy bundany syifa,,skrg dah 6bln,spt sarannya bru sy kasi bubur brs merah+asip. skrg mslhny asip kurang pa lagi skrg buburny jg + asip jd kjr tayang.sy mau tanya apa gak telat sy mau bli pigeon manual breast pump?dlu sy ragu2 mau bli. ktny pk pompa tu skt?trs nt bgn dalam payudara pbrik /gudang asi bisa rusak,bnr gak mb? sy perahny pke tgn d hslny sgt kurang,heran mb bs penuhkn frezer,sy cm dpt 100_180cc.jdny srg pulang dr kntr unt.asi syifa.sy bniat ksi syifa asi.ex d mpasi rumahn,gak spti kakakny dlu serba instan (nyesel bgt) stlh mbc tlsn mb,sy bnr2 termotivasi,makasih bnyak…

    Yeptirani:
    “ktny pk pompa tu skt?trs nt bgn dalam payudara pbrik /gudang asi bisa rusak,bnr gak mb?”
    Makanya, jangan cuma percaya “katanya”, mbak.. nyesel kan sekarang? hehehe.. maaf.. malah ngomporin.. :p

    cara perah ASI itu cocok2an, ada yang cocok pake tangan, ada yang cocok pake alat bantu, alat bantunya pun cocok2an, ada yang cocok pake manual (saya misalnya), ada yang cocok pake elektrik (saya gak cocok, gak sabaran soalnya).

    Buat saya, merah ASI pake tangan n pompa sama aja, lebih cepet pompa malah, sakit? sama sekali nggak, bahkan seperti orang kebelet pipis, n dapet kesempatan pipis (ih, jorsky perumpamaannya :p)
    saya rasa mbak juga ngerasain yang sama waktu merah pake tangan? :)

    trus, tentang bagian dalam PD rusak… bagian dalam yang mana? bagian mana? siapa yang bilang? apa bisa dipertanggungjawabkan secara medis ucapannya?
    saat kita mendapatkan suatu informasi, ada baiknya kita selalu mencari second opinion (berlaku juga pas kita/anak sakit), jangan mudah percaya dengan 1 sumber saja apalagi jika sumber itu tidak menyertakan bukti klinis. Saya rasa mbak Herdiana bisa menyimpulkan sendiri apa jawabannya… :)

    intinya selama tidak ada bukti klinis yang bilang bahwa memakai alat pompa untuk memerah ASI itu berbahaya, maka pompa ASI itu aman digunakan! ^_^

    kenapa mbak gak gabung aja di milis asiforbaby? di sana banyak konselor laktasi yang siap membantu mbak mengatasi problem menyusui dll.

    juga milis sehat, tempat para dokter anak berkumpul dan tempat kita belajar gimana merawat anak dan jadi orang tua yang smart.

    oya, 1 milis lagi: milis MPASI Rumahan, tempat ribuan resep MPASI mantab tapi mudah berseliweran :)

    3 milis di atas rekomended banget untuk diikuti… ^_^

  5. herdiana mengatakan:

    mb,skalian dah nanya,apa jaring2 d teething feeder ga bahaya bt gusi n lidah byi..dmana blinya..wwwny?

    Yeptirani:
    Jaring2nya sassy teething feeder? gak kok gak bahaya, anakku seneng2 aja gigit2 mesh feedernya :p

    beli di mana? lupa.. tokonya ngiklan di beranda FB-ku gitu… coba ke brosing aja:sassy teething feeder atau munchkin feeder

  6. madinisafetykomarinda mengatakan:

    selamat pagi … Kondisi Barang : Bekas
    Harga : Rp. 1.000
    Lokasi Seller : Jawa Barat

    Description :
    ——————————————————————————–

    BAGI AGAN2 SEDANG MENCARI BOTOL BEKAS YOU C1000, MAKA SAYA MENJUAL BOTOL C1000 BEKAS DALAM KEADAAN BERSIH.

    BISA DI HUNAKAN UNTUK MENYIMPAN ASI (asip) ATAU UNTUK KEBUTUHAN LAINNYA

    LOBE — lobeku@yahoo.com 081288912201
    QUOTE

    lobeku
    View Public Profile
    Visit lobeku’s homepage!
    Find More Posts by lobeku

  7. inamutmainnah mengatakan:

    botol asip bekas you c 1000 nya dah sama tutup botol plastiknya nggk?

    Yeptirani:
    iya, lengkap sama tutup plastiknya ^_^

  8. inamutmainnah mengatakan:

    buat mba yeptirani : mba mau tanya klo nyimpan asip di kulkas keluarga yg satu pintu selain di freezer nyimpan asipnya dibagian mana yah paling bagus? karna namanya kulkas keluarga pasti sering dibuka tutup tuh, jadi suhunya kdg g stabil…

    Yeptirani:
    Taruh di rak paling atas, di bagian paling belakang, di dalam kontainer terpisah (kotak tupperware atau semacamnya)

  9. jessica mengatakan:

    mbak, breast pump Pigeon bukannya belum BPA free ya?
    saya lagi pengen beli breast pump nih,
    cuma masih nyari-nyari yg murah tapi udah BPA free :)

    Yeptirani:
    sori koneksi internet lagi jelek, :p
    siapa bilang pigeon BP belum BPA Free?
    semua produk BP pigeon (yang premium, yang silent) semua udah BPA Free ^_^
    keliatan kok mbak, dari bahannya.. plastik buram gitu..

    selain pigeon ada juga medela, avent, little giant, itu sudah BPA Free.. Chico malah belum…

  10. lita mengatakan:

    Mba. Botol you c dan tutup botol plastik nya boleh gak disterilkan dengan direbus? Makasih

  11. lita mengatakan:

    Assalam, mba, botol you c dan tutup plastik itu aman gak kalo disterilkan dgn merebusnya?

  12. asri mengatakan:

    sist..aq new mom..baby q 5bln aq punya steril botol yg sama tp lom pinter pakainya jd slama ni botol susu aq rebus pake panci ajah..
    minta tlg donk kasih tau cara pakai steril botolnya..
    trus aq jg perah asi tp lom maksimal jumlahnya jd blm bisa punya simpanan ky sista sampe menuhin kulkas gtu..

    Yeptirani:
    isi air sampe batas bawah, trus pasang rak plastiknya.. susun botolnya kebalik, habis itu rak berikutnya.. di rak atas itu dipasang tutup botol dan dot..

    kalo ttg ASI.. tetep semangat coz ASI itu by demand.. makin diperah makin banyak :p

  13. lita mengatakan:

    Mba, botol you c dan tutup plastik mensterilkannya dengan direbus juga ya?

    Yeptirani:
    tutup UC cukup disiram air panas aja mbak.. soalnya belum BPA free.. n kalo manasin ASIP, jangan pake tutupnya..

  14. proses pembersihannya yang menurut saya jadi penting,
    supaya steril untuk baby.. ;)

    Yeptirani:
    setuju.. tapi, kalo udah >6 bulan gausa disteril gapapa kok :p

  15. bunda azka mengatakan:

    MBAK .q waktu si kecil asi,pd yang satunya q pompa .tp pompa asinya gk lgsung q cuci,setelah pompa beberapa kali, baru q cuci.bahaya gk ya????btw kok bisa sampai banyak bgt asinya?bagi info dong???konsumsi ap aja???

    Yeptirani:
    sebenernya aku gak tau, cuma bukannya ASI bisa basi kalo di luar PD? ASI yang nempel di pompa kan jadi basi toh? mending dikocok air panas dulu, baru simpen… :)

    asi banyak? aku cuma percaya asiku cukup, itu aja :)

  16. Stiary(tya) mengatakan:

    Met mlm mb,ih keren bgt blog na..btw,mu nanya spare part BP Piegeon ad jualn ga mb,pnya q bwt netes asi retak..jd bp na ga nyedot,tnyt ngaruh y..ga ktauan,ee pas mau dpke ga bs..tq bwt info na..

    Yeptirani:
    bukannya ada di kotaknya, mbak, ada cadangannya gitu kan? yang putih2 itu kan?
    setauku gak ada OS yang jualan, tp bisa dituker di stand pigeon di kepala ganding (belum pernah ke sana juga)

  17. Toko Ibu dan Anak mengatakan:

    Medela Harmony emang spesial banget untuk yg manual. Saya sendiri menggunakan untuk 2 anak saya ;) terbukti. Cuma memang kadang suka ada yg mensteril bagian pompanya sehingga cepat rusak.
    Hebat ya Mom stoknya bisa banyak….. :)

    Yeptirani:
    iya, mesti hati2 steril BP ini :p

  18. inggit mengatakan:

    Mba, aku mau nanya dong, aku baru mo beli pompa asi pigeon manual setelah sebelumnya pake merk little giant manual, ga nyaman dan ringkih tuas sama diaghframnya, krn mba udh pake pigeon lama aku pengen tanya, tuasnya gmn ringkih ga? Selama pemakaian udh pernah ganti sparepart blm? Krn kayanya kok jarang yg jual sparepartnya. Terimakasih sebelumnya dan salam kenal..

    Yeptirani:
    pengalamanku: pigeon ini BP paling nyaman yang aku punya, n 17m punya, belum pernah ganti sparepart :p

  19. Airin Aulia mengatakan:

    mba nanya donk…aq mo beli BP tp yg mrek medela kan lumayan mahal..trus banyak tuh yg jual BP bekas…kira2 aman g ya beli yg bekas?…

    Yeptirani:
    saran saya: beli barunya aja mbak :)
    bukan apa2,, ini pernah dibahas di milis asiforbaby, pompa second itu bahayanya kalo ada asi tersisa.. iya kalo ibunya sehat, kalo nggak?
    tapi, balik lagi ke mbak deh ^_^

  20. wulan mengatakan:

    jadi botol you c1000 bisa direbus beneran y mb??g retak atau pecah gt???
    mohon jwbnnya,cz sy jg ibu menyusui yg bekerja.butuh bgt share kyk gini

    Yeptirani:
    bisa, mbak :)
    tapi tutupnya jangan direbus ya :)

    oya, ada fesbuk? join aja di grup Tambah ASI Tambah Cinta..
    atau suka milis? silakan Join di Milis Sehat atau Milis Asiforbaby :)

  21. smangka mengatakan:

    mba itu untuk botol penyimpan asip nya pakai Baby Huki dan Little Baby, emang khusus atau dari yang ada dotnya dijadiin botol simpan? kalau yang dari ada dot-nya, tutupnya beli dimana ya?

    Yeptirani:
    yang baby huki, itu botolnya ada dotnya cuma tutup sealing disc-nya memang sudah tersedia, jadi aku tinggal buang dotnya, jadi deh botol asi storage :)
    yang little baby, aku beli little baby khusus asip 4 pcs, trus yang 4 pcs itu little baby biasa, tapi tutupnya aku ganti dengan tutupnya babypax (dijual terpisah)..

    botol2 lain yang bisa jadi asi storage, evenflo, medela, unimon, dll :)
    banyak di online shop :)

  22. shifan mengatakan:

    mba brust pump pigeon yang katup susu yang warna puti saya sobek dimana yah beli spare partnya karena kebanyakan toko ga ada yang jualan sparepartnya jadi harus beli 1 set brustpump klo beli 1 set lumayan maal mba???
    bole share dong

    Yeptirani:
    Aku dikasih tau kalo sparepart pigeon rusak, bawa yang rusak ke tempat mbak beli trus ntar diganti sama yang jual (agak lama nunggu barang datang) paling mbak bayar ongkir doank..

    eh, bukannya valvenya dikasih 2 ya?

  23. kak mau tanya kakak beli rak botol susu kawa di mana kak? makasih y kak

    Yeptirani:
    itu hadiah :p

  24. dewi mengatakan:

    Kalo ASI dingin dari kulkas langsung dipanaskan dengan alat pemanas, masih OK nggak ASInya??
    trims

    Yeptirani:
    gapapa, mbak.. yang gak boleh tuh asi beku langsung dipanaskan :)

  25. teni liesmeida mengatakan:

    subhanallah ….banyak bgd perlengkapannya, kebetulan bentar lg Q mo ninggalin haLUm kerja nech, mba coolerbag ma beraspumny beli dimana dan brp y hargany?

    Yeptirani:
    alhamdulillah.. :)

    semua aku beli online, mbak.. coba ke asibayi.com
    atau toko online di fesbuk lainnya

  26. neng mumun mengatakan:

    Salam kenal mbak Yepti :)
    Waaaah, saya lagi browsing2 soal breast pump manual pigeon vs medela harmony masuk kesini mbak, dan wooooww.. Amazing! Lengkap banget niiih.. Saya bookmark yah ;)

    Saya insyaAllah calon Ibu nih, HPL-nya bulan depan, kebetulan sudah resign juga..karena domisili di Jakarta dan gak tega ninggalin anak soalnya eyang2nya di Jawa semua hehehehe.. Tapi tetep mau beli BP soalnya jaga2 kalau sudah saatnya diperah tapi baby msh kenyang.

    So far mau beli yg pigeon manual premium itu sih mbak, dan sterilizer udah dapet juga kado merk-nya samaan tuh kaya punya mbak Yepti. Tapi tapi tapi nanti kayaknya mau ngukus aja :)))

    Oiya, kalo pigeon itu sudah ada botolnya ya mbak? Saya sih pengen beli cup feeder jadi babynya minum tanpa ngedot, toh saya juga dirumah aja. Botol UC1000 juga dapet dikasih dari temen yg working mom.. Amaaaan sudaaahh.. Tinggal beli BP nih hehehhe..

    Keren mbak blognya ;)

    Yeptirani:
    Waalaikum salam.. ^_^

    Selamat ya, semoga ibu dan bayi sehat..
    alhamdulillah, persiapannya lengkap.. aku doain semoga sukses sampe lulus S3++ hehehe

  27. nurma mengatakan:

    mba, salam kenal.
    kepengen tau, perbedaan pake medela n pigeon tuh apa? sampe testimoni mba diatas msh lbh top pake pigeon. bs diceritain ga. coz aku lg bingung nentuin merk. thanks

    Yeptirani:
    ini masalah cocok-cocokan, mbak :)
    buat aku -awalnya- pigeon lebih manteb sedotannya timbang medela.. waktu itu payudaraku kuenceng gila hehe..

    makin ke sini, payudaraku makin kempes (seiring bertambahnya usia bayi), malah medela yang pas :)

    sekarang lagi musim BP Unimom Mezzo, harganya cuma 250ribuan, murah meriah, tapi banyak testimoni bilang keren. Sayang dulu gak ada tuh BP, kalo ada udah aku coba juga hehehe ^_^

  28. asni mengatakan:

    salam kenal mba, subhanallah lengkap sekali. bayiku baru 2 bulan. tgl 15 oktober 2012 masa cutiku udah habis mba. lumayan juga ya bajetnya. apalagi di kalimantan tepatnya di tarakan harga keperluan bayi cukup tinggi. ada info nda toko peralatan bayi yg murah meriah gitu

  29. asni mengatakan:

    satu lagi mba. kulkas kan cuma 1 di rumah. nah apa aman di simpan di prezer terus bersebelahan dengan ikan, ayam ( disimpan dalam taperware gitu).

    Yeptirani:
    Salam kenal juga ya :) -jawabannya digabung aja ya :p-

    Asumsiku, karena mbak ngeblogging :p, mbak melek banget sama internet. Ada facebook? belanja aja secara online, mbak..

    Jaman Zimam kecil dulu, (halah, emang sekarang udah besar, apa? hehe), Pangkalpinang ini kota sepi. Jarang ada barang2 keren yang aku posting di atas. 95% semuanya beli online. Sekarang emang banyak Babyshop yang berani jual BP, karena minat pembeli juga besar sih. Dulu gak ada, mbak yang jual BP. Semuanya beli di Jakarta.

    jadi saran aku, mbak cari lah online shop di Surabaya (biar murah ongkir), atau Jakarta, untuk barang2 itu.. :)

    Bajet besar? sekali seumur hidup ini ^_^

    Nih, aku lagi promil -program hamil- adeknya Zee. Kalo beneran dikasih, Alhamdulillah. Semuanya udah siap gausa beli lagi ^_^

    ya nggak?

    Oya, untul kulkas. Bisa kok nyimpan ASIP di frizer yang sama dengan ikan dan ayam, tapiiii… ikan dan ayamnya juga masuk tupperware ya mbak.. jadi masing2 masuk kontainer terpisah :)

    tapi, memangnya cukup tuh? kulkasku gak cukup/ ikan dan ayamnya ngalah, gak masuk frizer hahaha

  30. asni mengatakan:

    makasih ya sarannya, berguna banget. semoga program hamilnya berhasil ya. saran, buah alpukat cepat tuh nyuburin lagi. + kata ustad yusuf mansyur bersedekah yg banyak

  31. Lia mengatakan:

    Makasih buanyak mbak blognyaaaa
    Ini aku lg menyiapkan alat tempur buat asi nya anak lanang..
    Masih milih2 merk ini itu.. Cuma nyari sikatnya itu yg susyah..
    Modal besar bener mbak, tak apalah biar g jauh beda ama kk nya..
    Maklu meskipun anak k 2 yg pertama dulu blum kerja..
    Mau nanya nanya mbak..
    Itu asi kalo d panasi g pake warmer, cm d rendam air anget, dalam kondisi tertutup atau nggak?
    Trus ak kan baru mulai nyetok asi ni mbak, pas babyku 3 bulan..
    Kira kira kapan tu mulai banyak konsumsi asinya si bayi? Masih aman kan ya baru mulai nyetok?
    Yg pertama dl berhubung langsung g perhatian.. Hehee
    Mksh y mbak..

    Yeptirani:
    Manasin ASI ya ditutup donk mbak, nanti terkontaminasi barang2 gak jelas loh hehehe,,,

    untuk stok, aku gak yakin ya, mbak.. mbak lakukan aja semampu mbak dulu.. dan kalo punya facebook, gabung aja sama grup Tambah ASI Tambah Cinta, atau Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, di facebook :)

  32. oshin devo mengatakan:

    naksir bottle dryer nya, ga kpikiran cari yg sprti itu, di OL shop yg biasa sy kunjungi jg ga ada. selama ini udah nyari2 apa yg cocok utk tempat pengeringannya,,, utk smntara diletakkan terbalik pada nampan/tatakan teh yg diletakkan dg posisi miring.
    Sy msh punya 1 pigeon pump, sering sy pake tangan ajah,tp seiring wkt hrs punya 2 nih, biar mkn cepet. Go ASI
    Muantapp. Go ASI

  33. bunda aL mengatakan:

    ikut gabung mbak…..:)
    *telat ya
    mau tanya donk, botol pegeon tuh bpa free gak ya?
    gak ada tandanya tuh di bagian bawah botol..

  34. ahmad mengatakan:

    dimana mau beli tutup asi plastik ? hub. 085697356735 butuh banget

  35. via mengatakan:

    Botol dryer beli dimana, Mba? SȃŸª dah muter2 Ģ㪪ќ ketemu.

  36. melissa mengatakan:

    Keren postingannya.. saya busui dr bayi 2 bln, anak pertama, & bekerja. Jujur, saya tuh baru meraba2 dunia per-asip-an saat mengalaminya langsung. gak gerti & bingung menjalaninya, alat apa aj yg mesti disiapin, simpan asipnya gmn, cara manasinnya gmn, mulai stok kpn, dll. BP aja krn hadiah dr tmn kantor, hehe…

    Nah, postingan mba ini membuat aku jd tau apa saja yg hrs ada (dryer terutama), BP lbh dari 1, zipper bag utk bp, dll. Tks bgt mba postingannyaaa :)

  37. lulu mengatakan:

    Mba sya juga oakai pigeon manual, cuma baru sebulan dah ketarik oto tangannya, apa pajenya yg tll bersemangat ya…

  38. agunk mengatakan:

    mohon ijin bertanya:
    apakah sampe skrg msh menggunakan Breastpump Manual Pigeon?
    bagaimana cara perawatannya (ganti sparepart)? apakah tidak susah mencari sparepartnya??
    klo boleh tau dimanakah anda mendapatkan sparepartnya??

    saya mau beli pigeon tp saya msh kuatir mengenai ketersedian sparepartnya..

    Mohon pencerahannya bu..
    Thanks

  39. vira mengatakan:

    Mbaa slm knal.. mau tanya mba, sy mau coba asip ni, udh bli BP merk crown yg elektrik.. Klo BP tu perlu gg sih disterilkan mba ato ckup dcuci saja? Krn pernah sy coba rebus untuk mensterilkan eh malah valvex jdi rusak..
    Trus apa asip yg diperah dlm wktu yg berbeda bs dstukan dlm 1 btol mba? Mksih mba atas wktunya utk mnjwb

  40. vira mengatakan:

    Salam kenal mbaa..
    Keren bgt deh persiapannya mba.. oh ya sy coba ngikutin mba untuk keringin botol sperti mba tapi hanya memakai tatakan gelas heehe..sy mau tanya mba bottle dryer punya mba itu Ada tutupnya ya mba..? Krn tatakan sy ini nd punya tutup jdi sy kuatir apa botol2 yg sdh disterilkan jdi tercemar kmbali krn dtruh di tmpat trbuka..
    Mhon infonya ya mbaa.. trimksih

  41. dindahapsarinda Ayu mengatakan:

    Mba,
    Kalo buat pertama kali pake (baru buka dari box medela swing) itu gimana ya? Plis cmiiw ya :
    - cuci pake sabun pembersih botol bayi
    - kukus selama 15-20 menit

    Bener gitu ya?
    Untuk corongnya ama BP-nya juga ikut dikukus ya..?

    Mohon infonyaa.. Makasih :)

  42. ika mengatakan:

    Assalamualaikum, mba wah aj baru nemu blog nya mba di google.. Inspiratif banget terutama buat sy yg kebetulan jg ibu bekerja seperti mba. Mba bisa sharing utk peralatan asi no 9 “warmer”, klo ASIP beku dari freezer apa boleh langsung dicairkan + dihangatkan pake warmer itu y mba?

  43. Yeptirani mengatakan:

    Halo semuanya, Assalamualaikum…

    maaf..maaf.. baru kebaca lagi komennya hikzhikz..

    balas satu2 boleh ya…

    @ Bunda Al: botol yang saya pakai di atas semuanya BPA free, saya konsern banget sama BPA ini :)

    @ Via: beli online aja mbak :)

    @ Melissa: semoga sudah sukses ya mbak :)

    @ Agunk: Alhamdulillah sudah tidak menyusui lagi, sudah disapih, dan Pigeon manualnya masih utuh kok gak rusak :)

    @ Vira (pertama): saya belum tau bahan crown baby mbak…

    @ Vira (kedua): Jangan terlalu kuatir sama bakteri, mbak.. selama anak mbak Vira ASIX, dan selalu minum asi, dia punya pertahanan sendiri kok… tenang aja :)

    @ Dindahapsarinda Ayu: kukus semuanya, yang bahannya silikon rendam air hangat saja

    @ Ika: Gak boleh mbak, cairkan dulu semalaman baru dihangatkan ya… :)
    asip yang sudah dicairkan bisa dipakai 24 jam ke depan kok…

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

