Kelinci di Bulan

Ingatkah anda dengan film kartun dari Jepang yang berjudul “Sailormoon” ?. Tokoh utama “Sailormoon” adalah seorang gadis ceroboh yang bernama Usagi Tsukino (dalam Bahasa Jepang dibaca Tsukino Usagi). Apakah anda sadar bahwa Usagi selalu mempunyai barang-barang yang bergambar kelinci?, itu karena Usagi adalah kelinci dalam Bahasa Jepang.

Usagi Tsukino adalah seorang gadis biasa sebelum dia diberi kekuatan untuk menjadi Sailormoon. Dan sebagai Sailormoon, dia dan teman-teman sailor lainnya berjuang membela kebenaran, dengan kekuatan bulan. Kata-kata yang terkenal dari Usagi/Sailormoon adalah “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!”.

Pada akhir cerita, Sailormoon menjelma menjadi Puteri Serenity (akhirnya menjadi Ratu Serenity), puteri Kerajaan Bulan. Sebagai informasi, Serenity adalah nama danau terbesar di Bulan.

Seperti terlihat, nama tokoh dan lokasi dalam cerita ini saling berhubungan. Nama keluarga Usagi adalah Tsuki (bulan), dia adalah seorang Sailormoon, dan menjelma menjadi Puteri Serenity. Lalu, apa hubungannya dengan Usagi (kelinci)?

Pertanyaan ini sebenarnya telah muncul di benak saya sepuluh tahun yang lalu, dan saya langsung diberi tahu jawabannya oleh seorang teman yang tinggal di Jepang. Namun, dasar saya, saya tidak begitu saja percaya, saya ingin membuktikan sendiri jawabannya (walaupun kadang ada hal yang tak perlu dibuktikan lagi jika sudah ada yang membuktikannya). Setelah saya berhasil membuktikannya, saya baru berani menyampaikannya pada anda.

Nama Usagi adalah Tsukino Usagi. Jika kita mengabaikan bentuk huruf kanjinya (jujur saja, saya tidak tahu bagaimana bentuk kanji dari Tsukino Usagi) kita akan melihat penggalan kata Tsuki no Usagi, atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia menjadi Kelinci Bulan. Orang Jepang selalu melihat KELINCI di BULAN. Tidak percaya? silakan anda buktikan sendiri!. Saya telah menyertakan gambar bulan agar anda bisa memandanginya lekat-lekat untuk mencari kelinci di sana🙂 .

Bulan Purnama

Bila orang Jepang melihat kelinci di bulan, orang Madura melihat seorang janda yang sedang menjahit di sana. Janda tersebut ialah seorang ibu yang ditinggal anaknya, sang ibu sangat merindukan anaknya sehingga beliau memutuskan untuk mencari anaknya. Namun, walau kemana pun sang ibu mencari, anaknya tak kunjung ditemukan. Akhirnya, beliau memutuskan untuk duduk dan menjahit di bulan, menunggu anaknya melihatnya dan kembali pulang padanya.

Perbedaan budaya memang mengakibatkan perbedaan mitos yang beredar. Namun, hal itu tidak menjadi masalah selama kita bisa memahami pesan moral yang dibawa oleh mitos-mitos itu.

Nah… sekarang saya ucapkan, “selamat mencari kelinci dan janda yang sedang menjahit di bulan.” ^_^

7 Balasan ke Kelinci di Bulan

  1. Dimas mengatakan:

    Saya cari janda di bumi aja deh :p :p
    Kaburrrrrrrrrr

  2. Yeptirani Syari mengatakan:

    waduh… iya juga ya.. ketimbang nyari di bulan.. jauh.. ^_^

  3. Rinie mengatakan:

    tapi kalo serenity dalam bahasa inggris berarti adalah “kedamaian”

  4. e-book kuliah mengatakan:

    wah artikelnya bagus sekali bunda.. mohon izin untuk di translate dan dipublish di blog saya ya.. terima kasih
    wassalamualaikum

    Yeptirani:
    Iya, silakan ^_^
    makasih ya udah mampir😀

  5. hello!,I really like your writing very much! share we communicate extra approximately your post
    on AOL? I need an expert in this space to unravel my problem.
    Maybe that’s you! Taking a look ahead to look you.

  6. mizu hinay mengatakan:

    janda yang nungguin anaknya??? oh ya..jandanya usagi..anaknya chibi usa..😀

  7. farah arvia damayanti mengatakan:

    Apa😀 janda jahit di bulan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: