Baantaran : Upacara Lamaran Adat Banjar ♥

Alhamdulillah, seperti yang sudah aku ceritain di “Halo, Lama Tak Jumpa… ♥” pada tanggal 2 November barusan, keluargaku sudah ngadain acara Baantaran, yaitu upacara lamaran dalam adat Banjar sebagai tanda mereka menyetujui hubunganku dengan Abangku yang mantan pacarku (sekarang kan sudah jadi tunanganku.. ^0^)

Sebenarnya, acara Baantaran kemarin bukan murni Baantaran seperti yang diadain di Banjar, secara kami ngadain acara ini di Pamekasan, Madura, kota domisili Bundaku. Acara Baantaran yang kemarin kami adain ini adalah sebuah modifikasi dari acara aslinya.

Dalam Baantaran, barang-barang yang diserahkan pihak cowok ke pihak cewek ada bermacam-macam. Ada baju yang akan dipakai saat Akad Nikah, sepatu, tas, kometik, dan lain-lain. Selain itu juga harus ada uang tunai sejumlah minimal 20 juta rupiah sebagai biaya resepsi pernikahan. Uangnya harusnya juga dipajang, loh.


Tapi, dengan mempertimbangkan beberapa kemungkinan, seperti: kondisi keuangan Abangku yang belum bagus (maklum, masih muda gitu loh.. ^_^), dan adat di Madura yang memandang rendah anak gadis yang “dibayar” dengan uang (walaupun niat majang duitnya bukan karena mau “membeli” sang gadis, kan!), maka acara majang duit 20 jutanya dibatalkan. Duitnya langsung ditransfer ke rekeningku. (*hahaha*)

Acara-acara lain tetap sama, ada acara masang cincin, mama mertua masang cincin ke jariku, keluargaku juga masang cincin ke jari Abangku.

pasang cincin1

pasang cincin2

Juga antaran barang-barang yang akan aku pakai di Upacara Akad Nikah, seperti:
Baju Galuh Banjar
Baju Galuh Banjar

Tas dan Sepatu
tas dan sepatu

Baju Jalan-jalan
baju jalan-jalan

Perhiasan
perhiasan

Kosmetik
kosmetik

Lingeri (^0^)
lingerie

Kue Wajik dan Tetel, tanda doa supaya kami tetep lengket (^0^)
kue wajik tetel

Dan kue-kue lainnya
kue lainnya

Yang unik di acara ini, fotografernya itu loh, gak tanggung-tanggung.. Anggota Dewan, bo.. (^_^)
Mas Tatang

Yup, dia itu abang sepupuku yang sekarang jadi anggota DPRD Pamekasan dari Partai Patriot. Dia boleh jadi anggota dewan, tapi tetep sepupuku yang dimintai tolong sama Bunda buat jadi fotografer acara kemarin (^_^). Makasih ya, Mas…

Begitulah, acara kemarin penuh haru sekaligus tawa, soalnya kami gak berhenti bercanda. Emang dasarnya gak bisa serius sih, ya.. (*haha*)

Doain kami supaya rencana suci kami sukses sampai tujuan.. (emangnya kendaraan? (*hehe*))
yeptirani

Anda juga bisa membaca artikel ini dalam Bahasa Inggris, di sini..
You can also read this article in English, here…

4 Balasan ke Baantaran : Upacara Lamaran Adat Banjar ♥

  1. wedeye mengatakan:

    Selamat ya, semoga sukses dan gak ada halangan sampai di pernikahan.
    Wah jadi kepingin cepetan juga nih …🙂

    Yeptirani:
    Makasih, ya Wedeye.. iya nih.. mo cepet2an gak? ^0^

  2. wilma23 mengatakan:

    allow salam kenal ya…
    Wah2 dah lamaran ya… Selamat… Selamat ya… Congrat.
    Jadi Kapan nie rencana Nikahnya?

    Yeptirani:
    Makasih, ya.. Rencana nikah InsyaAllah udah ada, tar ada konferensi pers resminya di blog ini kok (*hehe*)

  3. Rachmat S mengatakan:

    Selamat “Bertunangan” semoga lancar segala urusan hingga ke jenjang pernikahan dan menjadi keluarga yg sakinah mawaddah warahmah sesuai apa yg adik berdua cita-citakan, amien ya robbal alamien

    Bang Rachmat

    Yeptirani:
    Makasih banyak, bang… Doain aja ya.. (^_^)

  4. yunanto mengatakan:

    Selamat ya Yep, selamat menempuh hari-hari dengan nuansa baru, hari yang lebih berisi dan semakin dekat dengan ridho Allah. Semoga senantiasa terjaga, dan selamat sampai ‘tujuan’. Kok ndak ada foto nya de Eta?

    Yeptirani:
    Makasih ya.. ^_^
    Dek Eta yang moto, makanya gak ada fotonya (*hehe*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: