Basanding : Sebuah Perayaan Pernikahan dalam Adat Banjar

Setelah aku resmi menjadi istri dari suamiku, yang telah mengucapkan Ijab Kabul dalam Akad Nikah pada tanggal 25 Januari 2009, keluargaku mengadakan syukuran atas pernikahan kami. Dalam adat Banjar, perayaan itu disebut dengan ‘Basanding’ atau ‘Batatai.’ Arti kata ‘Basanding’ adalah bersanding, dan ‘Batatai’ mempunyai arti harfiah duduk berdua.

Basanding


Acara basanding/batatai sebenarnya adalah klimaks dari serangkaian ritual pernikahan dalam adat Banjar. Acara lainnya adalah Basasuluh, Batadang/Bapara, Bapapuyuan, Baantar Jujuran, Akad Nikah, Bapingit, Bapacar, Badudus/Bapapai, Batamat Quran, Maarak Pangantin, Basanding sendiri, dan Basujud. InsyaAllah aku akan mengangkat semua perayaan tersebut sebagai artikel dalam blog ini.

Ritual adatnya sih gak banyak, secara perayaan ini tidak diadakan di Banjarmasin, tapi di Pamekasan, Madura. Tapi. perayaannya telah dilaksanakan dengan sukses, walaupun sempat diselingi oleh hujan. (^_~)

Seperti acara Basanding lainnya, kami juga melakukan acara basuap/basasuap. Yaitu acara di mana kita harus berebut menyuapi pasangan kita dengan nasi hadap-hadap dan nasi padapatan.

Basasuap Basasuap jua

Setelah semua ritual sukses dilaksanakan, kami mengabadikan gambar bersama. Alhamdulillah, perayaan ini dilaksanakan dengan sukses.

Aku harap, hidup yang akan aku jalani, sesukses acara ini. Amiin… (^_~)

Keluarga Mempelai Perempuan Keluarga Mempelai Laki-laki

Keluarga Besar

Batatai

Foto-foto lainnya dapat dilihat di facebook, di friendster, atau di Multiply.

7 Balasan ke Basanding : Sebuah Perayaan Pernikahan dalam Adat Banjar

  1. suklowor mengatakan:

    wah selamat ya… semoga sakinah mawada warahmah.. amin

    Yeptirani:
    Terima kasih, ya…
    Amiin buat semua doanya (^_^)

  2. freedomcholyck mengatakan:

    Whahahahahahaha…sya terima nikah nya Yeptirani…
    dengan mas kawin seperangkat alat tidur dan mandi dibayar tunai…bagaimana penghulu?…syah?….

    Yeptirani:
    Nggaaakkkk!!!!! Gak syah sama sekali!!!! hahaha…
    Enak aja! emang aku cewek… apaan? (eh, salah potong kata ya? hahaha)

  3. ojelsyahrul mengatakan:

    Tahniah… Semoga terwujud keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah…..

    Yeptirani:
    Amiin…. Terima kasih ya Pak… (^_^)

  4. zipoer7 mengatakan:

    Salam Takjim
    Postingan yang membuat iri putra banjar nih, iri untuk mereview kenangan saat menikah ga papa kan.oh iya izin kasih pantun ya
    Bunga mawar bunga kecubung
    Selalu disiram di pagi hari
    Dinda mekar tetap berkerudung
    Selalu disayang sama suami
    Salam Takjim Batavusqu

    Yeptirani:
    kenapa bisa bikin iri, zipoer?🙂
    Gapapa kok kalau mo ngereview.. (^_^)
    Makasih udah berkunjung..

    Blog kamu juga bagus banget…

  5. debby mengatakan:

    Mb,, salam kenal. Th depan q mw nikah. Kbetulan calonq org bnjar. Share dÕooº°˚˚°ºng by pm aja yah. Thx

  6. ar_rahmi mengatakan:

    cerita pengalaman pribadi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: