Sate Ayam a la Chef Yeptirani

Idenya dari Kak Amelia, yang hasil karyanya dipotret oleh Bang Gamma. Tapi, ketika aku ingin nyoba bikin sate ayam dari resep itu, aku kesulitan soalnya aku gak punya alat pemanggang dengan bahan bakar arang. Aku cuma punya teflon untuk memanggang. Sate “dibakar” di atas teflon? Mana enak?

Memanggang sate di atas teflon membuat bumbu sate tidak meresap, dan sate terasa kering. Memang paling enak itu memanggang sate di atas bara, karena bumbunya akan meresap. Tapi apa daya? Adanya cuma teflon :p

Akhirnya dengan sedikit inovasi dan modifikasi dariku dan Bang Zee tercinta, terciptalah resep masakan baru: Sate Ayam a la Chef Yeptirani. ^_^

Sate Ayam a la Chef Yeptirani


Bahan:
– 1/2 kg dada ayam
– 10 buah cabe keriting
– 6 buah bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 1 batang serai
– 3 lembar daun jeruk
– 1 cm jahe
– Garam
– Gula
– Kaldu ayam bubuk non-MSG
– Kecap manis

Cara Membuat:
– Bersihkan dada ayam, potong-potong dadu.
– Haluskan cabe keriting, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk, dan jahe. Tambahkan garam, gula, dan kaldu ayam bubuk non-MSG. Balurkan pada daging ayam. Simpan dalam kulkas minimal 30 menit (Makin lama makin baik).
– Tusuk daging ayam pada tusuk sate.
– Panaskan teflon datar.
– Panggang sate di atas teflon sampai daging matang. Jangan lupa dibolak-balik agar tidak hangus.
– Letakkan sate dia atas piring, tuang kecap, baluri sate dengan kecap sampai rata.
– Panggang lagi sate di atas teflon. Tidak perlu terlalu lama, karena sate sudah matang.
– Sajikan di atas piring saji.

Alhamdulillah, rasanya tidak kalah dengan sate yang dijual di pinggir jalan.. (hehehe… memuji diri sendiri :p)

3 Balasan ke Sate Ayam a la Chef Yeptirani

  1. bolehngeblog mengatakan:

    jadi kabita banget buat buka puasa…nyammi

    Yeptirani:
    kabita itu apa? (*bingung*)

  2. puisiazzet mengatakan:

    Ck..ck… baru membaca resepnya saja sudah lapeer…, apalagi kalo melihat gambar satenya, hmm… maghribnya kurang berapa jam ya? Hehe…. Makasih Chef Yeptirani, atas berbagi ilmu dalam membuat satenya.

    Salam hangat dan selamat berkarya,
    Akhmad Muhaimin Azzet

    Yeptirani:
    Makasih Bang Azzet ^_^
    jadi gak enak nih… bukan chef betulan kok.. hehe..

    maaf deh kalo dah bikin ngiler… mudah-mudahan puasanya lanjut ya.. :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: