Peralatan Tempur MPASI Rumahan (Tahap 2: Penyimpanan dan Penyajian)

Tahap 1 dari Peralatan Tempur MPASI Rumahan ala Danda Yeptirani sudah dipaparkan kan kemarin? Sekarang giliran tahap 2, yaitu Penyimpanan dan Penyajian.

Kenapa penyimpanan dan penyajian MPASI Rumahan jadi satu tahap? Kok gak dipisah?
Alasannya karena gak semua masakan untuk MPASI ini disimpan, kadang langsung disajikan.

Dan ini dia peralatan tempur MPASI Rumahan ala Danda Yeptirani untuk Zee, tahap 2: Penyimpanan dan Penyajian.


1. Ice Cube Tray, Plastik Cling Wrap, Aluminium Foil
Ice Cube Tray, Plastik Wrap, dan Aluminium Foil

Beberapa masakan dalam MPASI Rumahan dapat disimpan di dalam kulkas bawah atau di dalam frizer terlenih dahulu sebelum disajikan. Biasanya masakan ini bentuknya adalah pure/bubur lembut.

Tujuannya adalah mempermudah ibu-ibu bekerja untuk memasak bagi buah hatinya. Jadi, para ibu bisa memasak di hari Sabtu dan Minggu, lalu bekukan, untuk dikonsumsi bayi pada hari kerja.

Masakan yang bisa dijadikan pure dan dibekukan antara lain: kentang kukus/rebus, wortel kukus/rebus, brokoli, labu parang, pir, apel, bubur, dan lain-lain.

Cukup buat bahan tersebut menjadi pure, lalu masukkan ke dalam ice cube tray bertutup, atau tutup dengan plastik cling wrap atau aluminium foil untuk ice cube tray tanpa tutup.

Jika akan dikonsumsi, keluarkan beberapa balok yang diinginkan malam hari sebelumnya, taruh di kulkas bawah sampai tidak lagi membeku, lalu panaskan di microwave atau magic jar.

Mudah, kan? ^_^

2. Food Container
Food Container

Tujuan memiliki banyak food container (tempat/kotak makanan) adalah untuk menyimpan masakan MPASI untuk disajikan/untuk disimpan sementara di kulkas bawah. Pastikan food container yang Anda punya dibuat dari bahan plastik polipropilen (PP/angka 5) dan BPA-free agar bisa sekalian untuk mengukus dan aman untuk menyimpan masakan panas.

3. Baby Feeding Set
Natur n Tommee Tippe Feeding Set

Pilih yang BPA-free. Gunanya untuk menyajikan MPASI Rumahan kepada bayi. Baby Zee punya 2 macam feeding set, yaitu Natur Baby Feeding dan Tommee Tippee Heat Sensor Bowl.

Natur Baby Feeding (kiri) terbuat dari bahan polipropilen sehingga BPA-free, ada 2 sekat di mana salah satunya bisa digunakan sebagai grinder bagi makanan yang kurang halus.

Tommee Tippe Heat Sensor Bowl (kanan) bukan hanya sendoknya yang dapat mendeteksi panas, mangkuknya pun bisa! (mantap. kan? :p) Mangkuk dan sendoknya akan berubah menjadi kuning bisa masakan terlalu panas. Ini sangat membantu Danda karena Danda kadang menyajikan masakan fresh from the oven.. Hahaha..

4. Finger Food Container
FF Container MiniFF Container Maxi

Merknya Greenleaf, all BPA-Free coz terbuat dari bahan polipropilen (PP/angka 5). Fungsinya buat menyimpan dan menyajikan makanan finger food untuk Zee.

Apa itu Finger Food? Finger Food adalah makanan yang dipotong sedemikian rupa sehingga mudah diambil dengan tangan bayi. Biasanya bentuknya adalah korek api. Tujuannya adalah supaya motorik halus bayi terasah dengan baik, juga untuk melatih rahangnya untuk mengunyah.

Apa saja yang bisa dijadikan finger food? Banyak. Wortel kukus, brokoli kukus, spageti, tahu kukus, apel, pir, buah naga, dan lain-lain. Asal dipotong seperti korek api dan mudah dipegang bayi. Jangan lupa, awasi bayi saat makan finger food ini. Takut tersedak.

6. Mesh Feeder
Sassy Teething Feeder

Merknya Sassy, namanya Sassy Teething Feeder. Fungsinya agar potongan buah gak bikin bayi tersedak. Nanti, masukkan buah ke dalam jaringnya, terus kasih mesh feedernya ke si bayi, jadi dia gigit jaringnya, gitu. ^_^

Kreatif ya orang-orang! :p

7. Mangkuk Sup
Twin Tullipware Soup Bowl

Aku pakai Twin Tullipware Chilli Bowl. Ini untuk menyimpan dan langsung menyajikan sup untuk Zee. Zee kan dikasih sup sebagai camilan🙂

8. Cangkir
kolase cangkir

Ada banyak cangkir. Semuanya dari pigeon :p

Magmag impor dan lokal. Ada yang bentuknya cangkir biasa, spout, dan sedotan. Magmag impor aku pakai untuk ngasih ASIP buat Zee, magmag lokal aku pakai untuk ngasih jus, air putih, dan untuk latihan ke tahap berikutnya (belajar pakai sedotan :p)

9. Botol Sendok
Botok Sendok Pigeon

Untuk menyajikan jus jeruk buat Zee. Karena jus jeruknya biasanya diberikan sambil makan, lebih simpel kalau pakai botol sendok ini, kan?🙂

Gara-gara tiap hari buat wadah air jeruk, botol ini sekarang warnanya jadi kuning T_T.

10. Botol Susu Mini
Botol Susu Mini

Polipropilen. Fungsinya bukan buat ngasih ASIP ke Zee, tapi buat nyimpan kuah sup atau kuah-kuah lainnya bila ada kuah dalam menu makan siang Zee di sekolah. ^_^

Oya, ukurannya 60ml, merknya Disney Baby Bottle :p

Ah, ternyata semua peralatan tempur MPASI Rumahan a la Danda Yeptirani sudah ditulis semua! ^_^ Mulai dari persiapan sampai penyimpanan dan penyajian. Semoga bisa membantu para ibu yang akan mulai bertempur melawan bubur bayi instan (hehehe…).
Mari memberikan yang terbaik buat buah hati kita! ^_^

*I love my baby..

27 Balasan ke Peralatan Tempur MPASI Rumahan (Tahap 2: Penyimpanan dan Penyajian)

  1. dela mengatakan:

    wah mantap bgt ni si moms…

    Yeptirani:
    The best for the one🙂

  2. Rusda mengatakan:

    makasih, tulisannya banyak membantu.. kebetulan , baby ku skrg 6 bulan 10 hari, cuma dikasih bubur susu (tepung beras + susu). krn blm sempatbikin variasi (lg ditinggal BS pulkam lebaran ga balik2).

    Yeptirani:
    Aku juga workingmum without assistent, Mum.. ^_^
    Tapi tetep semangat ngasih yang terbaik buat babyku :p

  3. lanny mengatakan:

    Sis, kl pure alpukat bisa ngga dibekukan? Pada saat penyajian baru ditambahkan asip ya?

    Yeptirani:
    jangan dibikin puree dulu, sis… frozen dalam bentuk potongan2 buahnya.. kalo dipuree, dia akan menghitam..
    iya, dikasih ASIP sebelum disajikan, coz ASIP kan kadang udah dari freezer juga, sedang asip beku yang sudah dicairkan gak boleh dibekukan lagi🙂

  4. arum mengatakan:

    Kalo mengukus makanan frozen boleh tidak m’? Kata temen sy tidak boleh, prinsip sperti asi ya

    Yeptirani:
    sebenernya gapapa, mbak.. cuma, sayang aja, kan nutrisinya udah berkurang pas dipuree, difrozen, nah ini berkurang lagi gara2 dikukus..

    baiknya cuma dihangatkan. bisa dengan microwave, atau dimasukin ke magic jar atau juga bisa direndam air hangat atau disiram air hangat mengalir. Itu pun yang bentuknya sudah mencair alias ditaruh di kulkas bawah dulu, jangan beku2 di hangatkan ya.. ^_^

  5. arum mengatakan:

    Thx infonya.
    1. Trs kl anak aq usia 11 bulan apakah semua buah n makanan msh perlu dikukus, slama ini kl buat tim saring n buah msh dikukus, kecuali buah alpukat n pepaya
    2. Apakah copper itu bs utk menggiling daging sampe halus, cz kl beli di supermaket (daging nya impor) kl di pasar krg bersih)

    Yeptirani:
    Dikukus atau nggak, tergantung keterampilan anaknya, mbak.. aku yakin mbak yang tau kapan harus berenti ngukus ^_^

    for info, Zee dari 8 bulan udah gak lagi makan buah kukus, kalo sayur masih lah ya.. kan sayur gak bisa dimakan mentah :p

    Untuk daging, aku gak bisa jawab, daging impor lebih bersih? yakin? kalo menurut aku lebih aman daging lokal loh.. asal diblanch, bersih kok.. (diblanch: rebus air sampai mendidih, matikan api, masukkan daging sekitar 2-3 menit sambil diaduk-aduk, tiriskan, giling atau simpan sesuai selera)

  6. arum mengatakan:

    M’ ada yg ketingggalan nie, slama ini sy buat bubur tdk pake slow cooker, menurut info “baiknya pake slow cooker”. Yg sy tanyakan selain utk buat bubur, bs dipergunakan utk apa lagi, kl nnt anak sy sdh besar. Mksh

  7. Yeptirani mengatakan:

    Mbak Arum:
    1. “usia 11 bulan apakah semua buah n makanan msh perlu dikukus”? => tergantung keterampilan anak, mbak. Zee usia 8 bulan yang dikukus cuma sayuran (sampe sekarang, coz sayuran kan gak enak dimakan mentah :p) tapi apel, pir, sudah dimakan mentahannya gitu aja ^_^

    2. “Apakah copper itu bs utk menggiling daging sampe halus”? => setau saya nggak, mbak.. tapi emang itu tujuannya. daging cincang kan bukan daging giling, dan memasak tuh lebih enak daging giling loh :p

    3. Slowcooker => emang lebih baik SC, mbak.. kalo ada duit lebih hihihi.. saya juga punya SC, tapi ukurtannya 3,2liter. kegedean buat MPASI Zee, jadi saya gak pake SC buat masak. Apalagi sekarang Zimam makan nasi dewasa, dan menunya beragam serta mudah.
    SC saya dipake buat masak untuk keluarga misal: sampadeh (kesukaan Ayah Zee), semur ayam/sapi (kesukaan Danda), soto, atau bikin kaldu ayam/daging/sayur sendiri. ^_^

  8. na mengatakan:

    kereeeen banget ney mommy … tanya dunk, sassy teething feeder nyari dimana yach ?? maklum d … cuman punya hari di weekend he …..
    Btw Sis tinggal di Jkt kan ??? maksa .com gitu nanyanya. Jazakillah

    Yeptirani:
    Aku tinggal di Pangkalpinang :p
    sassy teething feedernya aku beli via internet hehehe…

  9. arum mengatakan:

    M’maAf punyA PIN BB g? Kl punya aQ. Add ya? BIar kl mw. SeaeR biar cpt terjawab. Jzkh.
    M’ aPAkah. BerAt badan kurAng solUsinya hrs diberi tAmbahan sufoR? Cz. Sy penganut ASI eX
    BB anak q Skrg 17 oKt ini 7 kg, sdgkn wkt lahir 3.3 kg n tinggi 48. APakAh dgn BB kurang menjadi lambat perkembangANnyA?

    Yeptirani:
    aku gak punya BB, tapi ada FB🙂
    cari aja Yeptirani Syari ^_^

    BerAt badan kurAng solUsinya hrs diberi tAmbahan sufoR?
    Big No No!!!
    gak ada satu pun diktat kedokteran yang bilang bahwa BB kurang mesti tambah sufor (info dari kawan yang dokter)
    saran, mbak gabung aja di milis sehat: http://health.groups.yahoo.com/group/sehat/
    dijamin, mbak seperti punya dokter anak pribadi yang 100% RUM (rasional menggunakan obat2an dan ilmu kedokteran) ^_^

  10. arum mengatakan:

    M’. Kl Bayi 11 Bln jln setAhun boleh diberI santen n gula aren ga? Atw puding coKlat atw honkwe rasa cokLat cz. Sy bingung mw kasIh selingAn ke Anak saya selain kacang hijaU diblender. DikaSIh keju aTw punya pengalamAn pemberiAn selingan, mash

    Yeptirani:
    setauku coklat itu untuk 24bulan ke atas,mbak.. karena dia pemicu alergi berat.. Zee belum aku kasih coklat, gak mau ambil risiko alergi+dia ketagian coklat :p

    mungkin bisa dikasih puding buah segar (puding plain yang dikasih serutan buah segar), atau puding pisang hunkwe (tepung hunkue dimasak, dicampur parutan pisang dan keju, trus dikukus) atau martabak pasta, atau potongan buah segar dan sayuran kukus..

  11. herdiana mengatakan:

    mb,sy pgn nanya unt.mpasi awal / hr pertama,apakah ckp bubur+asip aja.apa hrs bnr2 encer..kpn bs d tmbhkn puree buah?oya sy agak bingung knp buah jg hrs d kukus.spt pisang pepaya melon kn dah matang.?

    Yeptirani:
    yup, hari pertama cukup bubur+asip saja n dibuat seencer mungkin, dan cukup sekali sehari. kenapa?
    1. ikuti aturan 4 hari, dalam 4 hari baby hanya diberi 1 bahan makanan baru. jika ingin mengenalkan bahan makanan lainnya, kenalkan pada hari kelima (setelah bahan pertama lulus uji 4 hari), tujuannya: supaya ibu tau kalo2 si bayi ada alergi..

    2. kenapa bubur+asip, kenapa encer?
    baby selama 6 bulan hanya kenal ASI/ASIP saja tanpa bahan lain. lah, di hari pertama tiba2 dikasih bubur kental? berani taruhan bakal ditolak mentah2!!! :p
    Zee aja dikasih bubur encer ASIP aja padahal uencuer banget, aja dilepeh2.. dahinya berkerut seakan nanya: ini apaan, Nda? kok asing? hehehe…

    3. Gak semua buah harus dikukus, untuk buah berserat keras seperti apel atau pir saja yang dikukus, tujuannya supaya baby lebih mudah mencerna buah itu, pisang n melon n pepaya kan udah halus seratnya, gausa dikukus gapapa.. lagian, ngukus buah tuh gak selamanya kok.. Zee umur 8 bulan udah gak dikukus lagi🙂

    semoga membantu…

  12. susi (mommy'na chiba) mengatakan:

    mba mau tanya donk utk smua perlengkapan mpasi ini apakah harus baru krn bbrp ada didapur yg biasa aku pake utk masak,makasiii

    Yeptirani:
    Maaf baru jawab…
    gak harus baru, cuma… punyaku yang udah ada semua udah pernah dibikin masakan yang bercabe, takutnya masih ada sisa cabenya :p

  13. arum mengatakan:

    M’ skrg Anak sy sdh 1 th, boleh tidak sy memberikan agar2 yg äϑª santennya n gula jawa nya. Trs skrg Anak q hanya suka buah jeruk yg lainnya tdk suka, Dulu wkt umr 7 Bln dia suka pear, alpukat, pisang, pepaya. (wkt itu msh diblender).

    Yeptirani:
    Asal udah lulus aturan 4 hari, boleh, mbak..🙂

  14. Ajeng mengatakan:

    mba mau tanya donk, kalau awal mpasi pertama dikasih pisang yang dikerok, boleh atau tdk? kl dikasih biskuit dicampur susu boleh ga?

    Yeptirani:
    wah mbak… kalo tanya ke aku pasti jawabanku: tak boleh! hihi
    karena aku ngikutin panduan IDAI dan WHO bahwa mpasi pertama itu adalah serealia (bubur, havermuth) bukannya buah..
    tapi balik lagi ke mbaknya..
    aku pake serealia karena serealia itu paling minim memicu alergi, pernah denger orang alergi bubur beras putih? nggak kan? kalo alergi pepaya atau pisang? banyak! anakku alergi pisang pas awal2 mpasi, habis makan pisang pup kayak mo meledak, sembelit berlebih! pepaya juga gitu!

    tentang biskuit… baca deh komposisi biskuit bayi..🙂
    seingatku: garam, gula, pelembut, pengemulsi, dll.. yakin mo ngasih itu ke bayi yang BARU BELAJAR MAKAN? :p

    jauh lebih aman bubur saring bikinan mama, deh! :p

    semangat ya mbak..

  15. adhe mengatakan:

    mba, share pengalamannya untuk menu MPASI perdana nya dulu donk… apa bubur beras tepung gasol baik diberikan untuk MPASI perdana? gimana ya cara pengolahannya? boleh donk di share detail menu makan dan jadwal MPASI nya dulu.. bentar lagi baby ku udah mau mulai MPASI dan ibunya lagi kebingungan disini… thx a million ya momz…

    Yeptirani:
    coba baca ini mbak ^_^
    https://yeptirani.wordpress.com/2011/07/25/jadwal-mpasi-rumahan-zee/

  16. Ayu_mamah na Rafiazka mengatakan:

    Assalamualaikum,.slam kenal sist yeptirani..
    Baby aq tgl 28 bsok tpat 9 bulan,.nasi tim yg dibuat sndiri boleh ga sih disimpan dlm kulkas selama beberapa hari.,thanks ya sist.

    Yeptirani:
    waalaikum salam..
    nasi tim kalo bisa jangan sampe nginep, mbak.. kecuali dibekukan🙂

  17. mama_naya mengatakan:

    mhn ijin bwt copas ya mbak….mksh byk sbelumnya,,

    Yeptirani:
    Silakan, mbak.. jangan lupa cantumkan sumbernya ya😀

  18. bundanya zharif mengatakan:

    makasih bgt infonya.ngebantu bgt bwt ibu baru.jd +smangat bikin menu buat dd…

    Yeptirani:
    Alhamdulillah, senang artikelku bisa bermanfaat ^_^

  19. bundanya khansa mengatakan:

    makasih infonya….bermanfaat buat persiapan MPASI pertamanya khansa neh….

    Yeptirani:
    Sama-sama ^_^

  20. Mba mau ikutan nanya..Aku mau traveling dan babyku 9m,selama ini selalu mpasi rumahan.rencananya selama liburan 7hr mau bawa frozen food..klo bubur beras+sayuran+lauk dicampur lalu dibekukan gmn ya?apa bisa?
    Krn ada beberapa yg bilang klo bubur beras jgn dibekukan krn akan rusak kandungan gizinya..

    Mohon pencerahannya

    Thanks
    Phyrlin

    Yeptirani:
    aku selalu membekukan bubur beras mbak🙂
    karena aku kan kerja, jadi gak sanggup masak tiap hari, jadi aku bikin seminggu sekali, trus aku bekukan🙂

    bubur beku jauh lebih baik timbang bubuk instan yang kita gak tau bikinnya kapan🙂

  21. indah mengatakan:

    mom, share donk. babyku umur 7,5 bln. idealnya menu yg bgmn? hari2 ni aku ksh bu2r beras di combine wortel/bayam/kentang/brokoli. bikin variasi apa lg y?

    Yeptirani:
    mbak, ada fesbuk? gabung aja di Grup Homemade Healthy Baby Food, atau Dapur Sehat Ibu… resep2nya ajib2😀

    atau kalo suka milisan, ikut milis mpasirumahan deh

  22. fitri mengatakan:

    makasih infonya yaa…🙂
    mau tanya nih, klo buat nyimpen pure sampai 3 hari apa perlu dimasukin ke freezer (ice cup tray)? soalnya selama ini saya bikin pure nyimpennya cuma pake food container aja dan disimpan di kulkas pintu bawah..

    Yeptirani:
    Kalo cuma 3 hari, gausa masuk frizer mbak🙂
    maaf, baru sempat jawab T_T

  23. situs anda sangat menarik dan bagus,bermanfaat bagi pengguna internet,dan jika anda ad waktu mohon kunjungan baliknya yea…http://bubursusutepungberas.webs.com/

  24. Gps tracking orang mengatakan:

    lucu-lucu ya peralatannya

  25. Nur hidayati mengatakan:

    Assalamu’alaikum, Bunda Yeptirani.
    Senang sekali membaca notes Bunda terkait peralatan tempur MPASI. Ini saya lg bingung apakah perlu menambah peralatan slow cooker (sc)/tidak, sedangkan saat ini saya sudah memiliki mini rice cooker (rc) seperti punya Bunda Yeptirani.
    Dari beberapa notes mengenai MPASI, pengolahan makanannya menggunakan sc, misalnya utk membuat bubur dicampur dg daging dan/atau sayur-mayur. Bunda Yeptirani menggunakan rc utk memasak bubur saja/juga digunakan utk mengolah daging/sayur-mayur jg?

    Yeptirani:
    Saya juga gak punya slow cooker, bu..🙂
    saya murni masak lewat kompor🙂

  26. vee mengatakan:

    Mom. Klo kukusan itu bole pake gabung yg biasa dipakai drumah gk? Apa harus baru y? Trus wadah yg aman untuk masukin dalam kukusan itu yg gimna ya?

  27. Yeptirani mengatakan:

    kukusan boleh pake yang ada di rumah.. untuk dipanaskan hanya pakai bahan kaca atau stainless ya mbak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: