Gerakan Tak Berteriak

Hari ini saya belajar hal baru, tentang gerakan #3haritakberteriak, #7haritakberteriak, #40haritakberteriak, dan #100haritakberteriak.

Saya tahu, idenya diambil dari kebudayaan orang Hindu Jawa, di mana ketika ada orang meninggal, arwahnya dipercaya kembali pada malam ke-3, ke-7, ke-40, dan ke-100. Saya tidak ikut-ikutan memercayai hal ini, karena saya Muslim, tapi biarlah saya memakai angka-angka keramat ini untuk sebuah gerakan yang menurut saya baik.

Lagipula.. angka 3, 7, 40, 100 juga punya arti penting di kehidupan saya.

Setelah melahirkan, di hari ke-3 saya wajib membawa bayi saya untuk diperiksa oleh Nakes di Puskesmas. Ditimbang, ukur tinggi badan, dan ukut lingkar kepala.

Usi bayi 7 hari, orang tuanya harus menyembelih 2 ekor kambing atau domba jika bayinya laki-laki, dan menyembelih 1 ekor jika perempuan. Namanya adalah Aqiqah. Aqiqah ini semacam pesta, wajib dilaksanakan oleh orang tua yang mampu, di hari ke-7, atau ke-14, atau ke-21 bayinya.

Usia bayi 40 hari, saya berkonsultasi ke dokter kandungan, sekaligus berdiskusi tentang alat kontrasepsi. Biasanya masa nifas ibu berakhir sekitar hari-hari ini.

100 hari? Well, itu batas masa iddah perempuan Muslim. Jika seorang perempuan Muslim ditinggal oleh suaminya, baik meninggal maupun bercerai, maka untuk menikah lagi, ia harus menunggu sampai 3 kali haid dan suci. Biasanya itu sekitar 100 hari.

Nah, saya terinspirasi oleh teman Facebook saya yang melakukan gerakan tak berteriak ini. Beliau sukses tak berteriak selama 40 hari, dan sekarang akan lanjut mencob gerakan #100haritakberteriak

Wow.

Saya ingin mencobanya. Dimulai dari #3haritakberteriak dulu, deh…

Intinya mudah, kok..
Kita hanya tidak boleh berteriak pada anak, semarah apapun kita, sekesal apapun kita.
Menegaskan nada bicara, boleh. Meninggikan nada bicara, tidak boleh!
Bila kita gagal di tengah perjalanan, ulang dari depan! Hitung dari hari pertama lagi.

Ini yang ingin saya lakukan, mulai besok, 26 Mei 2015. Malam ini saya sedang pemanasan. Mencoba bersuara lembut dan tidak dengan nada tinggi pada #AbangZimam.

Semoga berhasil!!! Semangat!!! ☆☆☆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: