Pakai FLIP, Transfer Antarbank jadi Gratis

Udah tau FLIP, belum? Sebuah aplikasi di playstore yang memungkinkan kita untuk transfer-transfer ke beda bank tanpa tambahan biaya.

Tau kan, kalo lagi belanja online tuh, trus sellernya ternyata pake BCA sedang rekening aku Mandiri, suka kesel-kesel gimanaaaa gitu, sayang aja 6.500 rupiah keluar percuma.

Awalnya adikku yang pakai aplikasi FLIP ini. Aku sih tertarik, tapi Pak Suami bilang jangan instal, nanti penipuan, secara ke depannya transfer antar bank LINK bakal gratis kok. Catat ya, KE DEPANNYA. Berarti bukan sekarang kan? 😦

Lama-lama aku pun tertarik instal aplikasi ini. Secara nih, rekeningku bertaburan di mana-mana, halah 😀

Aku memang punya beberapa rekening dengan tujuan tertentu. Ada yang nabung buat beli rumah, ada yang nabung buat jalan-jalan, ada yang jadi dana cadangan. Semuanya adalah rekening syariah, karena biasanya rekening syariah itu bebas biaya dan bebas bunga hehe.

Masalahnya, gaji bulananku yang jadi sumber buat ngisi rekening-rekening syariah itu dibayar di Mandiri dan BRI. Nambah 6.500 lagi deh kalau mau transfer ke rekening-rekening itu.

Makanya aku jadi tertarik mengunduh aplikasi ini. Aku pun cari di playstore.

Aplikasinya gak besar kok, cuma 11,13MB. Setelah terpasang, kita akan disuruh registrasi dengan memasukkan alamat surel (email), dan nomor hape. Kemudian kita akan diarahkan ke grup whatsapp tertentu. Kenapa? Karena menurut peraturan Bank Indonesia, untuk transaksi yang hubungannya sama uang ini, verifikasinya harus tatap muka. Makanya, kita akan diarahkan ke grup terdekat dengan tempat tinggal kita. Nanti di grup tersebut akan diberikan jadwal-jadwal verifikasi terdekat dengan hari kita mendaftar.

Saat itu, saya mendaftar di hari Selasa. Dari jadwal yang diberikan, saya melihat jadwal hari Jumat jam 17.00-19.00 di Stasiun Tebet lah yang paling pas dengan saya. Maka saya pun diarahkan ke grup whatsapp khusus yang memilih verifikasi di stasiun tebet.

Oya, jangan khawatir, beres verifikasi kelar, kita diijinkan left group kok ^_^

Verifikasi di Stasiun Tebet waktu itu dipandu oleh Kak Nanda. oOa, di FLIP semua orang dipanggil Kakak, gak cowok, gak cewek, gak tua, gak muda. Agak aneh sih memanggil seorang laki-laki dengan sebutan “kak” secara di budayaku, panggilan “kakak” hanya untuk perempuan, laki-laki dipanggil “abang”.

Kak Nanda menyilakan anggota grup memilih jam yang paling nyaman. Antara 17.00-19.00. Awalnya aku mau ke tebet jam setengah 6, karena aku baru bisa pulang jam segitu. Tapi dipikir-pikir, mending aku ijin bentar jam 5 sore, kelar urusan langsung pulang deh hihi…

Berangkatlah aku jam 5 sore ke stasiun tebet. [Lama eui gak ke sta tebet, berubah banyak ya dia]. Gak terlalu susah cari keberadaan Kak Nanda ini. Begitu ketemu, dia cuma minta KTP-ku untuk difoto dan disesuaikan dengan aslinya. Aku yakin dia ragu, soalnya aslinya jauh lebih cantik, sih *plakk* 😀

Udah gitu, udah deh. Aku terverifikasi dan dapat email dari FLIP. Langsung bisa memakai jasa FLIP.

Sistem FLIP tuh gini, kalau kita mau transfer dari BRI ke Mandiri, maka kita akan diarahkan untuk transfer ke rekening BRI FLIP. Kemudian, FLIP akan transfer ke rekening Mandiri tujuan. Kita akan diberikan bukti transfer loh.

Aku belum sebulan menggunakan jasa FLIP, tapi udah segini aja penghematanku hihi. Makasih FLIP. Tau aja emak-emak suka perhitungan. Lumayan 6.500 bisa dapat 10 batang cabe rawit.
Transfer dari Mandiri ke BSM, dari BNI ke Mandiri, dari BCA Syariah (pakenya yang BCA karena free) ke BRI, dll. Bahkan tadi pagi, aku tranfer dari BNI ke Mandiri. Aturan kan kalau habis transfer ke rekening BNI FLIP harus konfirmasi dulu ke FLIP, nah ini aku lupa konfirm hehe. Eh, duitnya udah ditransfer aja ke rekening Mandiriku. Sampe bingung harus berbuat apa, *cieeee*

Cuma sayangnya, gak ada opsi transfer dari dan ke BRI Syariah, jadi kalau mau transfer ke BRIS masih kena biaya 6.500 saya.

Juga gak ada opsi transfer ke BCA Syariah, padahal transfer dari BCA ke BCA Syariah atau sebaliknya, kan gratis, walaupun harus pakai kode transfer [536 untuk BCA Syariah].

So far aku merasa terbantu sih dengan keberadaan FLIP, buat transfer antarrekening yang aku punya, atau buat belanja belenji daring (online). Aku harap sih FLIP bisa hadir di belahan bumi Indonesia lainnya, sehingga gak cuma yang bisa verifikasi di Jakarta aja yang bisa menikmati hasa dari FLIP. ^_^

Yang BRI Syariah dan BCA Syariah, boleh ya, jadi PR. Hihihi..

Semangat, FLIP!

One Response to Pakai FLIP, Transfer Antarbank jadi Gratis

  1. Ina Wahyu berkata:

    layak dicoba nih,
    kalau okay, ya lanjut,
    kalau nggak ya, cukup sampai di sini deh 🙂

Tinggalkan Balasan

