Sejarah Blog Ini

Hehehe.. akhirnya aku mau juga memulai menulis di halaman “Sejarah Blog” ini. Aneh sih, secara aku yang buat halaman ini, kok ya aku ngerasa terpaksa nulis di sini. Jadi ingat tugas esai pelajaran sejarah pas di SMA nih..🙂

Kalau ngomongin Sejarah Blog, kita harus ngomongin asal mula pengen ngeblog nih. Sebagian sih memang sudah dibahas di Sekeping Pikiran, Semangkuk Gagasan…, tapi itu hanya sebagian kecil.

Jadi, pada awalnya, saat aku sama sekali tidak mengerti apa itu blog, bagaimana memilikinya -apalagi mendesainnya-, dan bagaimana mengelolanya. Sebenarnya aku sudah punya blog di friendster, tapi aku bahkan gak sadar kalo itu adalah sebuah blog. Aku tahu itu blog, tapi menurutku, blog itu ya yang seperti Catatan Harian ini, bukan yang di friendster.

Aku lumayan rajin menulis di friendster. Terhitung ada lebih dari sepuluh post yang aku buat sejak tahun 2005. Tapi yah itu dia, aku tetap gak nganggap itu sebuah blog. Nama blognya aja terkesan main-main, “ThisIsYeptiraniSyari,” gak serius. Belum lagi alamat linknya “yeptiranisyari_imoetshekaly.” Sekarang aja kalau aku buka blog itu, aku gak terlalu suka. Keliatan banget aku kekanak-kanakan soal nya.

Masalahnya semua orang bisa berubah, termasuk aku. Sekarang aku berpikir bukan jamannya lagi aku ber-“kekanak-kanakan ria”. Sekarang waktunya untuk melangkah. Karena itu aku mulai jarang menulis di friendsterku lagi.

Suatu hari, aku membuka “email khusus milis SMA TN dan Niners” ku. Ya, aku punya email khusus untuk kedua milis ini. Kadang aku membaca postingannya satu-persatu, kadang langsung aku hapus🙂 (terutama kalau bahasannya “berat” :p). Di salah satu postingan itu, ada postingan Bang Romi yang isinya mengajak para mahasiswa yang gak ada kerjaan supaya ngeblog agar ada kerjaan dan syukur-syukur dapat tambahan penghasilan.

Poin “dapat tambahan penghasilan” bikin aku tertarik baca postingan itu sampai selesai. Sungguh, aku baru tahu kalau blog bisa jadi ajang menambah penghasilan. Lalu kupikir-pikir, “Hei, kenapa gak kucoba saja?.”

Aku langsung membuka akun di wordpress, kebetulan Bang Romi memberikan WP sebagai contoh. Kemudian aku ikuti saja tahapan-tahapan yang diberikan Bang Romi di postingannya. Sampai akhirnya aku punya blog ini dengan alamat http://mahaputeri.wordpress.com/.

Blog ini awalnya gak ada apa-apanya. Kosong. Cuma postingan “Hello World” yang memang diberikan WP padaku. Dan perlu waktu beberapa bulan buat aku untuk menulis postingan kedua dan menyunting postingan sebelumnya. Lihat saja, dari postingan pertama yang dibuat pada bulan Februari, postingan kedua dibuat pada bulan April. Dua bulan!.

Belum lagi desainnya. Gambarku yang ada di header itu dibuat sekitar bulan Mei, loh. Sebelum itu WP ini kosong melompong n benar-benar perawan (Uups.. :p).

Awalnya blog ini berjudul “Sekeping Pikiran, Semangkuk Gagasan…”. Namun setelah aku mendapatkan “rahasia cara mengubah judul”🙂 aku ubah judul blog nya menjadi “Blognya Yeptirani si Mahaputeri.”

Kenapa Mahaputeri?. Mahaputeri adalah karakter ciptaanku. Bisa dibilang dia itu alter egoku. Sifatnya sopan, tutur katanya lembut, wajahnya teduh, pokoknya figur Puteri sempurna. Benar-benar alter egoku kan?. :p

Lama-lama aku berpikir, kalaupun aku mewujudkan alter egoku melalui blog, itu gak akan mengubah kepribadianku, aku malah jadi tersiksa karena harus bersikap bagai Sang Puteri dalam blog ini. Benar-benar bukan aku.

Akhirnya pada bulan Juli, aku mendesain ulang blog ini, juga mengganti judulnya menjadi “Catatan Harian Yeptirani.” Bagaimanapun juga, blog ini adalah catatan harianku walau gak tiap hari aku isi.

Namun satu yang masih mengganjal hatiku. Alamat blog ini masih di mahaputeri.wordpress.com. Aku ingin sekali meletakkan namaku dalam alamat blog ini. Selain itu aku sudah memutuskan untuk tidak mewujudkan alter egoku dalam blogku.

Aku bertanya-tanya pada beberapa rekan alumni SMA ku. Didik, Arfian, Bang Andie. Mereka bilang, untuk WP, tidak seperti Blogger yang bisa semaunya ganti alamat, aku harus membuat blog baru untuk mendapat alamat baru.

Waduh!, berat banget. Apalagi di alamat lama, ada postingan yang aku posting tepat pada tanggal 17 Juni 2008, saat ulang tahun Bundaku. Postingan itu gak bisa digantikan oleh apapun juga. Ditambah lagi postingan tentang Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang tepat tanggal 17 Agustus 2008. Gimana cara mengakali tanggal-tanggal itu. Kalau di Blogger, aku tahu caranya. WP gak segampang itu. Bahkan mungkin gak mungkin.

Aku sudah hampir putus asa. Kurelakan saja mahaputeri menghiasi alamat blog aku, walaupun aku ingin banget namaku yang menghiasi alamat blogku sendiri.

Suatu saat di tanggal 23 Agustus 2008, aku menemukan satu lagi “rahasia” di WP. Eksporimpor!. Hahaha.. mungkin kalian mikir, “ya ampun, gitu doank gak tau?.” Tapi beneran!. Secara aku ini newbie di dunia per-blog-an. Jadi aku baru tahu kalau ekspor-impor bisa dipakai untuk pindah posting.

Satu kendala lagi, aku gak yakin ekspor-impor bisa mempertahankan tanggal postingan dalam blogku. (Dari semua bagian, tanggal postingan adalah yang paling berharga buatku.) Lalu kupikir lagi, nothing to lose kalau aku membuat blog atas namaku (https://yeptirani.wordpress.com), mengekspor semua elemen di blog mahaputeri, dan mengimpor semua elemen dari blog mahaputeri ke blog yeptirani. Kita lihat, kalau di blog yeptirani ternyata tanggal postingan berubah, tinggal hapus saja blognya. Toh disediakan fasilitas menghapus blog ini. Paling-paling aku meratapi nasib gak bisa makai namaku sebagai alamat blog.🙂

Dan mulailah aku membuat blog yeptirani. Aku memulai prosedur pembuatan blog di WP dari awal. Bedanya -tidak seperti pembuatan blog mahaputeri- kali ini aku tahu apa yang aku mau dan apa tujuanku. Setelah blog yeptirani siap, aku ekspor semua elemen di blog mahaputeri. Kemudian aku impor di blog yeptirani.

Ternyata, tanggalnya tetap!. Wuih.. senangnya..🙂

Segera saja aku kembali bersemangat. Aku tiru semua widget yang ada di blog mahaputeri. Semua detil di blog lama, kupindahkan ke blog baru. Semuanya. Secara ceritanya aku kan pindah rumah.😀
Dan voila!!!. Malam itu juga aku resmi pindah alamat blog ke yeptirani.wordpress.com.🙂

Senangnya hatiku. Aku sampai gak bisa tidur saking senangnya. Bagaimanapun juga, untuk seorang newbie seperti aku, pindah alamat tanpa dibantu orang lain adalah prestasi tersendiri!.

Begitulah, sejarah singkatnya (Ha? Singkat? :p), Oke! Sejarah Blog ini.

Masih banyak lagi yang ingin aku telusuri dari blog ini. Banyak yang ingin aku kembangkan. Siapa tahu suatu saat nanti, blog ini benar-benar jadi sarana untuk menambah penghasilan. Ya gak?🙂

Lilypie Third Birthday tickers

12 Balasan ke Sejarah Blog Ini

  1. Didik P Wicaksono mengatakan:

    Jadi pingin lihat FSnya

  2. Yeptirani mengatakan:

    Sudah lihat, belum? (^_^)

  3. Syariful Anwar mengatakan:

    wah, aku baru ngeh kalo kamu juga lulusan TN yah yep… pantesan kok FSnya link friendnya sama Ivan Sudirman kawanku di ilmukomputer.com

    Ivan kan TN juga, sama kayak mas Romi, sahabat perjuanganku…

    Yeptirani:
    Halah, gimana sih.. adik sendiri ini! (^_^)
    Hohoho… temennya Bang Ivan n Bang Romi chubby ya?.. Salam dari Yeptirani angkatan IX ya, Mas..

  4. Kang Agus mengatakan:

    Subhanalloh..kagum banget sama kamu pintar dan rajin menulis…sejarahnya bagus banget dan menarik…sukses ya keeping in touch with me ok..😆

    Yeptirani:
    Makasih banyak Pak Agus.. (^_^)

  5. achmad mengatakan:

    Tolong ajarin buat Blog ya? Kita bisa ngebagi cerita ilmu dan pengalaman. OK? Aku tunggu. Makasih sebelumnya.

    Yeptirani:
    Sori Ahmad, aku baru sadar, ada komen kamu n baru balas.. komen ini nyasar di spam sih :p

    Hm.. buat blog ya? sekarang udah punya, belum?😀

  6. perantausjati mengatakan:

    aq jadi teringat taun 2002 mungkin aq dibuatin web ma kakak kelasku walau numpang di web orang

    Yeptirani:
    ^_^ sekarang punya web sendiri kan>🙂

  7. adiakmal mengatakan:

    wah dah lama yah nge blog nya….

    happy blogging mbak

    Yeptirani:
    Happy blogging juga🙂

  8. Jumardi mengatakan:

    salingberbagi catatan yuk di catatan-jumardi.blogspot.com
    baru saja dibuat hari ini

    Yeptirani:
    welcome to blogging world ^_^

  9. - I am Lina - mengatakan:

    hai mom…lgi searching ASI Exclusive nyangkut di Blog ini…sering liat comment mba juga di FB Rumah ASI… Lam kenal🙂 *Hug*

    Yeptirani:
    Salam kenal juga ^_^

  10. efendy mengatakan:

    salam kenal ya ?

  11. easy businesses to mengatakan:

    Thanks for sharing your thoughts about credit equity home
    loan refinance texas. Regards

  12. Aksesoris mobil mengatakan:

    emang dulu di friendster ada blog nya ya. waah udah lama banget kalo ngomongin friendster hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: